Soal Ulangan Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas XII 2011

Senin, 02 Desember 2013 | komentar

Petunjuk

Pilihlah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang huruf a, b, c, d, atau e pada lembar jawab yang tersedia!

1. Bacalah kutipan berita berikut!

Kondisi tersebut diperparah dengan keterbatasan sarana pendidikan tenaga kesehatan gigi. Universitas yang membuka fakultas kedokteran gigi terkonsentrasi di Jawa. Di Indonesia timur baru ada di Manado, Makassar, dan Denpasar. Upaya pemerintah menambah fakultas kedokteran gigi dari 14 menjadi 26 kebanyakan masih di Jawa.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. keterbatasan sarana pendidikan tenaga kesehatan gigi.

b. universitas yang membuka fakultas kedokteran gigi terkonsentrasi di Jawa.

c. di Indonesia timur baru ada di Manado, Makassar, dan Denpasar.

d. upaya pemerintah menambah fakultas kedokteran gigi dari 14 menjadi 26 masih di Jawa.

e. universitas kedokteran gigi sudah tersebar di seluruh Indonesia.

 

2.Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

Kementerian Lingkungan Hidup mengimbau agar kabupaten/kota di Indonesia mengembangkan bank sampah, yakni konsep pemilahan sampah sesuai jenis dan nilainya. Setiap 1.000 orang penduduk diharapkan mempunyai satu bank sampah

“Saat ini sebanyak 175 kota di Indonesia sudah memiliki bank sampah. Jika sampah di setiap daerah dikelola akan muncul lapangan kerja baru. Apalagi, sampah juga menghasilkan energi serta produk baru dari hasil daur ulang,” kata Menteri Negara Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta, Senin 12/9 di Yogyakarta. Maka, sangat mungkin sampah akan menjadi komuditas yang menjanjikan dan berkelas tinggi(Kompas, 13 September 2011)

Kalimat penjelas yang tidak mendukung isi paragraf di atas adalah ….

a. Setiap 1.000 orang penduduk diharapkan mempunyai satu bank sampah

b. Jika sampah di setiap daerah dikelola akan muncul lapangan kerja baru.

c. Apalagi, sampah juga menghasilkan energi serta produk baru dari hasil daur ulang.

d. Maka, sangat mungkin sampah akan menjadi komuditas yang menjanjikan dan berkelas.

e. Maka, bukan tidak mungkin sampah akan menjadi komuditas yang menjanjikan

 

3.Perhatikan kutipan berita berikut!

Konsep bank yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup bertujuan mendorong masyarakat memanfaatkan sampah rumah tangga. Sampah organik diproses menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik dikumpulkan ke bank sampah untuk dijual ke lapak-lapak barang bekas untuk didaur ulang (Kompas, 13 September 2011)

Isi kutipan berita di atas adalah ….

a. konsep bank yang dikembangkan Kementerian Lingkungan Hidup bertujuan mendorong masyarakat memanfaatkan sampah rumah tangga.

b. sampah organik diproses menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik dikumpulkan sampah ke bank sampah untuk dijual ke lapak-lapak barang bekas untuk didaur ulang.

c. konsep bank memisahkan antara sampah jenis organic dan anorganik sesuai dengan jenis sampah yang dihasilkannya.

d. sampah organik dan anorganik sama-sama diolah melalui bank sampah yang dikelola oleh Kementerian lingkungan Hidup.

e. konsep bank yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup rupanya tidak akan sia-sia jika masalah sampah teratasi dengan baik.

 

4.Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

Penyair yang pernah kuliah di Universitas Hawaii, Honolulu, AS, ini juga menulis buku ilmiah, satu di antaranya Sosiologi Sastra, Sebuah Pengantar Ringkas, tahun 1978. Selain melahirkan puisi-puisi, Sapardi juga aktif menulis esai, kritik sastra, artikel, serta menerjemahkan berbagai karya sastra asing. Adapun karya asing yang diterjemahkan, antara lain: Hemingway, The Old Man and the Sea, Daisy Manis, Murder and Katedral, Morning Become Electra, dan sebagainya. Dengan terjemahannya itu, Sapardi mempunyai kontribusi penting terhadap pengembangan sastra di tanah air. Selain menjembatani karya asing kepada pembaca sastra, ia juga melahirkan bentuk sastra baru.

Opini yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ….

a. Penyair yang pernah kuliah di Universitas Hawaii, Honolulu, AS, ini juga menulis buku ilmiah, satu di antaranya Sosiologi Sastra, Sebuah Pengantar Ringkas, tahun 1978.

b. Selain melahirkan puisi-puisi, Sapardi juga aktif menulis esai, kritik sastra, artikel, serta menerjemahkan berbagai karya sastra asing.

c. Dengan terjemahannya itu, Sapardi mempunyai kontribusi penting terhadap pengembangan sastra di tanah air.

d. Selain menjembatani karya asing kepada pembaca sastra, ia juga melahirkan bentuk sastra baru.

e. Adapun karya asing yang diterjemahkan, antara lain: Hemingway, The Old Man and the Sea, Daisy Manis, Murder and Katedral, Morning Become Electra, dan sebagainya.

 

5.Bacalah kutipan paragraf berikut!

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah pada 20 Maret 1940 ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair. Sejak masih belia, putra Sadyoko dan Apariyah itu seringkali membenamkan diri dalam tulisan-tulisan. Bahkan, ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kemudian, ketika duduk di SMA, ia memilih jurusan Sastra dan kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Sastra UGM.

Fakta yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ….

a. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah pada 20 Maret 1940 ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair. Sejak masih belia, putra Sadyoko dan Apariyah itu sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisan.

b. Sejak masih belia, putra Sadyoko dan Apariyah itu seringkali membenamkan diri dalam tulisan-tulisan.

c. Bahkan, ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

d. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama.

e. Kemudian, ketika duduk di SMA, ia memilih jurusan Sastra dan kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Sastra UGM.

 

6.Bacalah kutipan wacana berikut!

Walaupun kemah lamaku hanya berjarak lima mil, aku mendapatkan bahwa gorilla-gorilla Rwanda telah merasa sangat terganggu oleh tuan-tuan tanah dan penggembala ternak sehingga mereka menolak segala upayaku untuk mendekat. Di Rwanda-lah gangguan kedua datang, setelah sembilan belas bulan aku bekerja di sana. Namun, tak seperti yang pertama, hal ini terbukti sangat memilukan seperti tangis bayi manusia.

Pertanyaan yang sesuai dengan wacana tersebut adalah ….

a. Mengapa gangguan kedua datang setelah sembilan belas tahun peneliti itu bekerja di sana?

b. Bagaimana bisa Rwanda merasa terganggu oleh tuan-tuan tanah dan penggembala ternak?

c. Mengapa gangguan kedua datang setelah peneliti bekerja selama sembilan belas bulan?

d. Mengapa tangisan gorilla Rwanda sangat memilukan seperti manusia?

e. Berapakah jarak antara kemah lama dengan tempat tinggal gorilla-gorilla Rwanda?

 

7.Bacalah kutipan artikel berikut!

Di lain pihak, hubungan diplomatik dengan negara-negara penerima TKI juga harus diperkuat. Hal ini perlu diperkuat agar setiap kali ada masalah yang menimpa para TKI di luar negeri, segera dapat diselesaikan sebaik-baiknya secara tepat dan cepat. Penyelesaian masalah melalui cara yang tepat oleh kedua belah pihak, diharapkan tidak mengganggu hubungan bilateral antara kedua negara.

Permasalahan dalam kutipan di atas adalah ….

a. hubungan diplomatik dengan negara-negara penerima TKI harus diperkuat.

b. hal yang perlu diperkuat agar setiap kali ada masalah TKI segera dapat diselesaikan.

c. penyelesaian masalah TKI melalui cara yang tepat oleh kedua belah pihak.

d. penyelesaian masalah TKI oleh kedua belah pihak tidak akan mengganggu hubungan bilateral.

e. masalah yang menimpa TKI di luar negeri belum dapat ditangani dengan tepat.

 

8.Bacalah kutipan artikel berikut!

Korban reformasi upeti dan administrasi rezim kolonial ini adalah kaum ningrat (sentana), para pejabat (priyayi), dan abdi dalem. Kemerosotan ekonomi tampak jelas dari laporan yang menyebutkan bahwa seorang pangeran yang berpangkat Mayor dalam Barisan, selalu memakai seragam militernya karena tidak mempunyai pakaian lain. Kaum ningrat Madura kehilangan previllese-previlese percaton dan pancen mereka. Sedangkan kaum pejabat mendapatkan pukulan yang relatif lebih ringan karena walaupun mereka kehilangan hak percaton dan pancen, tetapi mereka tetap dipertahankan sebagai pejabat dalam administrasi baru(Dwipayana,2004:14)

Kalimat utama paragraf wacana tersebut adalah ….

a. Kaum pejabat mendapatkan pukulan ringan walaupun mereka kehilangan hak percaton dan pancen, tetapi mereka tetap dipertahankan sebagai pejabat dalam administrasi baru.

b. Kaum ningrat Madura kehilangan previllese-previlese percaton dan pancen mereka.

c. Mereka kehilangan hak percaton dan pancen, tetapi mereka tetap dipertahankan sebagai pejabat dalam administrasi baru.

d. Kemerosotan ekonomi nampak jelas dari laporan seorang pangeran yang berpangkat Mayor dalam Barisan, selalu memakai seragam militernya karena tidak mempunyai pakaian lain.

e. Korban reformasi upeti dan administrasi rezim colonial ini adalah kaum ningrat (sentana), para pejabat (priyayi), dan abdi dalem.

 

9.Bacalah artikel ilmiah berikut!

Ternak sapi dan kambing menghasilkan pertambahan bobot yang baik dengan komposisi hijauan pakan berupa campuran rumput dan lamtoro 20-30%. Meskipun semua ternak menyukai lamtoro, akan tetapi kandungan yang tinggi dari mimosin dapat menyebabkan kerontokan rambut pada ternak nonruminansia. Mimosin, sejenis asam amino, terkandung pada daun-daun dan biji lamtoro hingga sebesar 4% berat kering. Pada ruminansia, mimosin ini diuraikan di dalam lambungnya oleh sejenis bacteria, synergys Jonessii. Pemanasan dan pemberian garam besi-belerang pun dapat mengurangi toksinitas mimosin.

Simpulan kutipan artikel tersebut adalah ….

a. Semua ternak menyukai lamtoro, akan tetapi kandungan yang tinggi dari mimosin dapat menyebabkan kerontokan rambut pada ternak nonruminansia.

b. Mimosin, sejenis asam amino, terkandung pada daun-daun dan biji lamtoro hingga sebesar 4% berat kering

c. Pada ruminansia, mimosin ini diuraikan di dalam lambungnya oleh sejenis bacteria, synergys Jonessii

d. Pemanasan dan pemberian garam besi-belerang pun dapatmengurangi toksinitas mimosin.

e. Ternak sapi dan kambing menghasilkan pertambahan bobot yang baik denngan komposisi hijauan pakan berupa campuran rumput dan lamtoro 20-30%.

 

10. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Mula-mula Aston dipersilakan untuk menceritakan mimpinya tentang Semar. Di depannya ada tape recorder dan kamera video. Cahaya lampu sorot menimpa sekujur tubuhnya. Aston jadi gugup. Ayat mencoba berdiri dan memberikan sebuah semangat. Setelah lampu sorot dikurangi, baru Aston bisa berbicara. Suaranya terputus-putus. Seorang pemimpin sidang berusaha mengarahkan cerita Aston dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan. Aston tetap tidak bisa lancar berbicara, sehingga akhirnya Ayat yang mengoper pembicaraan(Putu Wijaya, Pol:41)

Unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan tersebut adalah ….

a. tema

b. alur

c. amanat

d. penokohan

e. sudut pandang

 

11. Bacalah dengan seksama kutipan cerpen ini!

“Benar! Hanya kepercayaan tanda menyerbu. Percaya dengan kekuatan, semangat. Percaya dengan kebenaran. Mas ini berkata padaku, bahwa hidup sekali berarti, bukan dihitung dari panjang-pendeknya. Hidup adalah perbuatan. Sungguhpun dalam ajal baru tercapai, tak apa-apa. Karena hidup harus dibuat berarti. Kau tahu, aku banyak belajar dari Pangeran ini(Vivin Novianti, Dan Aku BIsa Lepaskan Lagi Kisah baru).

Tokoh utama yang mendukung cerpen di atas adalah ….

a. kau

b. aku

c. pangeran

d. mas

e. Ril

 

12. Bacalah kutipan cerpen ini dengan teliti!

“Ah, tara tahulah! Sudahlah, ini yang pertama dan terakhir”. Pak Wona berkata dengan berat. Sepertinya seonggok duri menyekat dalam tenggorokan. Bahkan dadanya serasa penuh. Terbayang ketika ia menasihati murid-muridnya di dalam kelas untuk mencintai dan melestarikan hutan dengan segala isinya. Sementara dirinya? Adalah seorang maling. Munafik. Bisanya ngomong saja. Namun, demi maituanya ia terpaksa melakukan itu. Lalu lanjutnya, “Anak-anak so tidur, Mama?”(Susi Purwani, Teratak Daun Rumbia)

Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

a. aku tokoh utama

b. aku tokoh tambahan

c. aku tokoh figuran

d. dia terbatas

e. dia mahatahu

 

13. Perhatikan penggalan diskusi berikut!

Penyaji : Sebagai bangsa dari negara yang sedang berkembang, kita harus bersikap permisif, open, dan terbuka terhadap kehadiran teknologi dari negara-negara maju.

Kalimat penolakan yang logis dalam diskusi adalah ….

a. Saya sama sekali tidak setuju jika penyaji dengan bebasnya menerima segala sesuatu yang beraroma teknologi dari Negara maju.

b. Saya tak habis pikir, para penyaji rupanya kurang memedulikan bagaimana dampak yang akan dialami oleh para remaja kita.

c. Berpikir seperti itu sah-sah saja, sepanjang pendapat itu dilengkapi dengan pertimbangan dan pemikiran yang luas dan mendalam.

d. Saya kurang sependapat dengan penyaji, bagaimanapun pesatnya teknologi yang kita adopsi; sebaiknya disertai dengan persiapan mental manusianya.

e. Saya tidak setuju dalam konteks ini karena rupanya penyaji sama sekali tidak mempertimbangkan sisi lain yang lebih menusiawi, yaitu dampak negatif.

 

14. Bacalah kutipan pendapat dalam diskusi berikut!

Laporan yang Saudara sampaikan tadi sebenarnya sangat menarik. Sayangnya Saudara hanya memberikan data angkatan kerja lulusan Sekolah Dasar dan Perguruan Tinggi saja. Padahal, seperti kita ketahui, teman-teman yang hadir di sini banyak yang lulusan Sekolah Menengah terutama Sekolah Menengah Atas. Mereka juga ingin mengetahui seberapa besar persaingan bagi lulusan sekolah Menengah Atas. Saran saya, sebaiknya Saudara menyajikan data angkatan kerja dari semua tingkatan sekolah , dari Sekolah Dasar hingga Perguruan tinggi. Terima kasih

Tanggapan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….

a. Menurut pendapat saya, pembahas sangat mengada-ada. Ia sama sekali tidak memperhitungkan waktu yang ada dengan kegiatan penelitian.

b. Menurut pendapat saya, si peneliti sungguh-sungguh kurang dapat memenuhi apa yang seharusnya ditampilkan dalam data penelitian.

c. Pembahas cukup logis dengan menyarankan penyaji untuk melengkapi data dari tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, mengingat audien dihadiri oleh berbagai lulusan.

d. Saran pembahas sangat masuk akal karena hal itu disesuaikan dengan audien dari berbagai lulusan, namun ada beberapa hal yang kurang diperhitungkan, yaitu waktu.

e. Pembahas cukup jeli dalam menanggapi apa yang disampaikan oleh penyaji dan sudah selayaknyalah dalam diskusi itu ada yang menyarankan atau menolak sekalipun.

 

15. Saya setuju jika perumahan atau rumah penduduk didirikan di atas lahan sawah. Bukankah persawahan di Indonesia ini masih luas, sementara penduduknya semakin padat.

Tanggapan penolakan atas pernyataan tersebut adalah ….

a. Saya benar-benar tak mengerti cara berpikir Anda? Bagaimana dua puluh tahun mendatang. Apakah masih ada lahan pertanian yang akan digarap oleh kaum petani?

b. Menurut saya, Anda ini adalah makhluk yang egois. Maaf, apakah Anda tidak membayangkan berapa tahun ke depan kita akan mengimpor beras besar-besaran.

c. Sebaiknya Anda tinjau kembali pendapat Anda. Apakah tidak sebaiknya jika perumahan atau rumah penduduk itu didirikan di atas lahan nonpersawahan?

d. Terus terang, saya heran mendengarkan pendapat Anda yang cukup kontroversial, meskipun kenyataannya memang Pemerintah tidak melarang.

e. Saran saya, sebaiknya Anda berpikir jauh ke depan sebelum berbicara dengan lantang di dalam forum diskusi ini, bukankah masih ada tempat, seperti kebun atau lahan kosong.

 

Bacalah kutipan pidato berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!

Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) merupakan perlindungan dasar yang menjadi hak mutlak pekerja. Ironisnya, masih banyak pemberi kerja yang mengabaikannya. Jika dikaji lebih jauh, rendahnya kesadaran pengusaha untuk memberikan perlindungan sosial kepada pekerjanya, karena mereka berpikir bahwa mereka membayar hak pekerja dalam bentuk upah sudah cukup. Cara berpikir seperti itu secara normatif bertentangan dengan undang-undang.

16. Topik kutipan pidato di atas adalah ….

a. Jamsostek hak mutlak pekerja

b. Jamsostek seharusnya diberikan oleh pengusaha

c. Jamsostek merupakan jaminan bagi pekerja

d. Jamsostek kadang diabaikan oleh pengusaha

e. Jamsostek biasanya tidak diberikan oleh pengusaha nakal

 

17. Isi pidato dalam kutipan tersebut adalah ….

a. program Jamsostek merupakan hak mutlak pekerja, namun masih banyak pemberi kerja yang mengabaikannya

b. program Jamsostek merupakan hak bagi pekerja, namun bagi pekerja yang tidak disiplin sebaiknya hak ini dihapus

c. program jamsostek merupakan hak yang harus diberikan kepada para pekerja yang rajin, disinpin, dan bertanggung jawab

d. program Jamsostek tidak sepenuhnya diberikan oleh pemberi kerja dengan alasan perusahaan tak cukup uang untuk mengklaimnya

e. program Jamsostek sebenarnya cukup memberatkan bagi pemberi kerja yang perusahaannya belum berkembang pesat

 

18. Bacalah kutipan pidato berikut!

Alam dan lingkungan sekitar adalah kehidupan kita. Kita tentu akan sengsara jika tinggal di daerah yang tandus, tidak ada pepohonan, dengan lingkungan yang kotor pula. Untuk itu, …

Kalimat ajakan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….

a. marilah kita semua menjaga dan melestarikan alam lingkungan sekitar dengan baik.

b. alangkah bijaknya jika kita sebagai masyarakat sesekali melestarikan alam sekitar.

c. sebaiknya sebagai masyarakat kita selalu menjaga dan melestarikan alam bumi kita.

d. ayolah beramai-ramai menjaga dan melestarikan dengan perasaan iklas dan semangat.

e. lebih bijaksananya jika kita selalu menjaga alam dan lingkungan sekitarnya.

 

19. Perhatikan kutipan surat dinas berikut!

Adapun penyelenggaraan kegiatan tersebut kami rencanakan pada:

hari : Rabu

tanggal : 13 Oktober 2011

waktu : Pukul 08.00 s.d selesai

tempat : Gedung Serbaguna Angkasa

Perbaikan surat dinas tersebut adalah ….

a. penulisan hari, tanggal, tempat, dan waktu sebaiknya menggunakan huruf awal kapital

b. penulisan hari, tanggal, tempat, dan waktu; kapital semua

c. penulisan sampai dengan yang tepat adalah s/d

d. penulisan kata sampai dengan yang tepat adalah s.d.

e. penulisan nama gedung sebaiknya tidak diikutsertakan

 

20. Dengan hormat,

Untuk memperingati Hari Pendidikan nasional, 2 Mei, OSIS SMA Maju Terus Pantang Mundur bermaksud mengadakan Diskusi Panel “Menjelajahi Pikiran Ki Hajar dewantoro”. ….

Perbaikan kalimat pada kutipan surat dinas tersebut adalah …

a. Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei, OSIS SMA Maju Terus Pantang Mundur bermaksud mengadakan Diskusi Panel “Menjelajahi Pikiran Ki Hajar dewantoro”.

b. Demi memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei, OSIS SMA Maju Terus Pantang Mundur bermaksud mengadakan Diskusi Panel “Menjelajahi Pikiran Ki Hajar Dewantoro”.

c. Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, OSIS SMA Maju Terus Pantang Mundur akan berencana mengadakan Diskusi Panel “Menjelajahi Pikiran Ki Hajar Dewantoro”.

d. Dalam rangka akan diadakannya Hari Pendidikan nasional, 2 Mei, OSIS SMA Maju Terus Pantang Mundur akan mengadakan Diskusi Panel “Menjelajahi Pikiran Ki Hajar Dewantoro”.

e. Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei, OSIS SMA Maju Terus Pantang Mundur bermaksud mengadakan Diskusi Panel “Menjelajahi Pikiran Ki Hajar Dewantoro”.

 

21. Simaklah kutipan laporan berikut!

Pembentukan asosiasi perjangkrikan ini juga sebagai suatu usaha untuk menjembatani dan membantu peternak jangkrik di daerah-daerah yang membutuhkan kontinuitas pemasaran. Untuk itulah, Astrindo mengadakan pelatihan budidaya dan pemasaran jangkrik di hotel Indraloka, Temanggung. Pelatihan ini diikuti oleh puluhan peternak pemula dari berbagai kecamatan. Mereka yang kesulitan pemasaran dicarikan sarana setor ke pihak industri yang membutuhkan jangkrik.

Isi laporan pada kutipan tersebut adalah ….

a. mereka yang kesulitan pemasaran dicarikan sarana setor ke pihak industri yang membutuhkan jangkrik

b. pelatihan ini diikuti oleh puluhan peternak pemula dari berbagai kecamatan

c. astrindo mengadakan pelatihan budidaya dan pemasaran jangkrik di hotel Indraloka, Temanggung

d. pembentukan asosiasi perjangkrikan ini sebagai usaha untuk menjembatani dan membantu peternak jangkrik di daerah-daerah yang membutuhkan kontinuitas pemasaran

e. untuk itulah, Astrindo mengadakan pelatihan budidaya dan pemasaran jangkrik di hotel Indraloka, Temanggung

 

22. Perhatikan kutipan tanggapan berikut!

“Saudara pembicara, saya kurang sependapat jika Einstein tidak menginginkan popularitas. Bagaimana ia tidak membutuhkan popularitas? Apakah bukti yang mendukung pendapat Saudara tersebut? Tambahan pula justru popularitaslah yang berhasil membuat teorinya dikenal luas.”

Masalah yang dikritik dalam kutipan tersebut adalah ….

a. Einstein mengatakan bahwa popularitas tidak diinginkan dalam hidupnya.

b. Einstein mengatakan bahwa popularitas tidak berpengaruh terhadap kariernya.

c. Einstein bersikeras bahwa popularitas bukan tujuannya setelah teori relativitasnya berhasil.

d. Einstein tidak setuju bahwa ia dikatakan tidak memerlukan popularitas teorinya.

e. Einstein orang yang sederhana sehingga ia tidak membutuhkan popularitas.

 

23. Simaklah penggalan saran berikut!

Ada beberapa usulan dari anggota masyarakat. Salah satu di antaranya adalah tentang pengadaan perpustakaan di desa Belum Maju. Pendapat salah seorang memang cukup masuk akal karena di desa tersebut belum ada sarana perwujudan usaha melek huruf bagi warga. Namun demikian, pengadaan buku-buku dalam jumlah besar sekaligus merupakan tindakan yang bijaksana, mengingat kebutuhan masyarakat, tanpa mengingat dana yang ada.

Kalimat perbaikan yang tepat adalah …

a. Usulan Saudara tentang pengadaan perpustakaan di desa Belum Maju memang cukup masuk akal karena di desa tersebut belum ada sarana perwujudan usaha melek huruf bagi warga. Namun demikian, pengadaan buku-buku dalam jumlah besar sekaligus saya kira sangat mustahil dan nonsen mengingat dana yang ada.

b. Usulan Saudara tentang pengadaan perpustakaan di desa Belum Maju ini memang cukup masuk akal karena di desa tersebut belum ada sarana perwujudan usaha melek huruf bagi warga. Namun usulan yang cukup fantastis tentang pengadaan buku-buku dalam jumlah besar sekaligus; terkesan memaksakan kehendak.

c. Usulan Saudara tentang pengadaan perpustakaan di desa Belum Maju ini memang cukup masuk akal karena di desa tersebut belum ada sarana perwujudan usaha melek huruf bagi warga. Namun demikian, pengadaan buku-buku dalam jumlah besar sekaligus saya kira amat tidak bijaksana, mengingat dana yang ada tidak mencukupi.

d. Usulan Saudara tentang pengadaan perpustakaan di desa Belum Maju ini memang seperti mencari-cari hal yang tak masuk akal karena di desa tersebut, penduduknya lauh dari makmur. Meskipun perwujudan usaha melek huruf bagi warga belum ada. Apalagi pengadaan buku-buku dalam jumlah besar, terkesan mengada-ada.

e. Usulan Saudara tentang pengadaan perpustakaan di desa Belum Maju ini memang cukup beralasan mengingat di desa tersebut belum ada sarana perwujudan usaha melek huruf bagi warga. Namun demikian, pengadaan buku-buku dalam jumlah besar sekaligus saya kira cukup mengganggu ketentraman warga.

 

24. Simaklah kutipan iklan lowongan pekerjaan berikut!

DICARI:

CV Karunia Jaya membutuhkan karyawan bidang pemasaran sebanyak empat orang, pria atau wanita, maksimal 35 th,minimal D3 Ekonomi Akuntasi.

Jakarta Pos, 10 Oktober 2011

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ….

a. Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Jakarta Pos, CV Karunia Jaya membutuhkan empat karyawan bidang pemasaran.

b. Dengan adanya iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Jakarta Pos, CV Karunia Jaya membutuhkan empat karyawan bidang pemasaran.

c. Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Jakarta Pos, 10 Oktober 2011, CV Karunia Jaya membutuhkan empat karyawan bidang pemasaran.

d. Berdasarkan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Jakarta Pos, tanggal 10 Oktober 2011, CV Karunia Jaya membutuhkan empat karyawan bidang pemasaran.

e. Dengan adanya iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Jakarta Pos, 10 Oktober 2011, CV Karunia Jaya membutuhkan empat karyawan bidang pemasaran.

 

25. Simaklah kutipan berikut!

…. Sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut, dengan ini saya,

Nama : Resi Krisna Adhiyatma

Tempat, tanggal lahir : Papua, 9 Oktober 1990

Alamat : Jalan Buimo 45 Waren, Yapen Waropen, Serui

Pendidikan : Strata 1 Pendidikan Geografi

Penulisan pemerian identitas pelamar yang benar adalah ….

a. nama : Resi Krisna Adhiyatma

tempat, tanggal lahir : Papua, 4 Maret 1990

alamat : Jln. Buimo no 45, Yapen Waropen, Serui

Pendidikan : Strata 1 Pendidikan Geografi

 

b. nama : Resi Krisna Adhiyatma

tempat, tanggal lahir : Papua, 4 Maret 1990

alamat :Jln. Buimo no 45, Yapen Waropen, Serui

Pendidikan : Strata 1 Pendidikan Geografi

 

c. Nama : Resi Krisna Adhiyatma

Tempat, tanggal lahir : Papua, 4 Maret 1990

Alamat : Jln. Buimo 45, Yapen Waropen, Serui

Pendidikan : Strata 1 Pendidikan Geografi

 

d. Nama : Resi Krisna Adhiyatma

tempat, tanggal lahir : Papua, 4 Maret 1990

alamat : Jln. Buimo 45, Yapen Waropen, Serui

pendidikan : Strata S1

 

e. Nama : Resi Krisna Adhiyatma

Tempat, tanggal lahir : Papua, 4 Maret 1990

alamat : Jln. Buimo 45, Yapen Waropen, Serui

Pendidikan : Strata 1 Pendidikan Geografi

 

26. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

Perbaikan penutup kutipan surat di atas adalah ….

a. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

b. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

c. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak dan Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

d. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak, kami mengucapkan terima kasih.

e. Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

 

27. Perhatikan alamat surat berikut!

Yth. Bapak Kepala Personalia

PT Mulia Nusantara Indojaya

Jalan Muara Kapuas Hilir nomor 56

Pontianak

Penulisan alamat surat yang tepat adalah ….

a. Yth. Bapak Kepala Personalia

PT Mulia Nusantara Indojaya

Jalan Muara Kapuas Hilir nomor 56

Pontianak

 

b. Yth. Kepala Personalia

PT Mulia Nusantara Indojaya

Jalan Muara Kapuas Hilir 56

Pontianak

 

c. Yth. Kepala Personalia

PT Mulia Nusantara Indojaya

Jalan Muara Kapuas Hilir 56

Pontianak.

 

d. Yth. Bapak Kepala Personalia

PT Mulia Nusantara Indojaya

Jalan Muara Kapuas Hilir 56

Pontianak.

 

e. Yth. Kepala Personalia

PT Mulia Nusantara Indojaya

Jl. Muara Kapuas Hilir 56.

Pontianak.

 

28. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Anne tampak sangat tergugu. Aku membiarkannya duduk di tepi Jembatan Digul. Sambil menopang dagu, ia beberapa kali mencetuskan kegusarannya atas perlakuan yang ditimpakan kepada para interniran ini. Ia mengungkapkan beberapa teori kebangsaan dan kemanusiaan. Augustu Comte juga disebutnya. Dan aku berkali-kali juga mengatakan bahwa kami bukan pihak yang memiliki kekuatan untuk mengubah keadaan. Terakhir Anne mengungkapkan bahwa ia ingin meninggalkan semua kebusukan di Boven Digul ini (Askolani, Boven Digul).

Konfliks yang terjadi pada kutipan di atas adalah ….

a. Anne orang Belanda yang sangat tegas dan egois.

b. Anne setuju dengan apa yang dilakukan para interniran.

c. Anne jatuh cinta kepada tokoh aku.

d. Tokoh Aku sangat pengertian dan iba kepada suster Anne.

e. Anne tidak suka atas perlakuan para interniran terhadap pribumi.

 

29. Watak tokoh “aku” dalam kutipan tersebut adalah ….

a. peduli, pengertian, dan perhatian

b. kurang peduli, dan apa adanya

c. tidak jujur, seenaknya sendiri, dan apatis

d. pengertian, keras hati, dan egois

e. peduli, perhatian, dan kurang dewasa

 

30. Bacalah kutipan cerpen berikut secara seksama!

Tunggu! Apakah kau tahu, siapa sebenarnya anak perempuan yang telah kuceritakan? Ia tak lain adalah diriku sendiri. Aku sengaja menceritakannya demikian karena ingin membuat kau sedikit penasaran. Baiklah, mulai sekarang aku izinkan kau mengenalku lebih jauh. Tetapi, aku pinta berikan sedikit waktu dan dengarkanlah kisahku(Wening Wahyuningsih, Air Mata di Musim Berkabut).

Alur yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

a. maju

b. mundur

c. campuran

d. rapat

e. renggang

 

31. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Terdengar bunyi langkah di beranda muka, kemudian suara mengucapkan, “ Selamat malam.” Kus terkejut, sebab suara itu dikenalnya, dr. Hamzah, selalu saja ia memburu aku. Apa pula teorinya sekali ini. Didengarnya dr. Hamzah dengan orang tuanya bercakap-cakap dan sekali-sekali kedengaran namanya disebut meskipun kurang jelas benar percakapan itu ke kamarnya. Akhirnya Kus hendak serta duduk di sana. Jangan-jangan yan g tidak-tidak nanti dibicarakan tentang aku.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ….

a. rumah sakit

b. rumah dr. Hamzah

c. rumah Kus

d. kamar Kus

e. ruang praktik dokter

 

32. Bacalah kutipan cerpen berikut!

“Saya akan menikahkan Murti dengan Nak Kalim”.

Kata-kata itu menggetarkan jiwa. Hujan badai mengguyur padang pasir yang gersang. Dalam kekagetanku, beliau menjelaskan alasan mereka berdua memilih pulang kampung setelah ayahnya Murti meninggal di perantauan. Mereka ingin memenuhi nadzar tersebut. Menurut beliau, apabila nadzar tidak dipenuhi, maka akan membebani hidup, baik di dunia maupun akherat (Ahmad NH, Perempuanku)

Pesan moral yang dapat dipetik dalam kutipan tersebut adalah ….

a. seseorang yang berjiwa besar bersedia dinikahkan dengan orang yang belum dikenal

b. jodoh itu di tangan Tuhan, bagaimana pun caranya akan bertaut pula

c. seseorang yang memutuskan pulang kampung karena orang tua calon, meninggal

d. sebuah nadzar sebaiknya memang harus dipenuhi agar tidak membebani hidup

e. sebenarnya nadzar tak selalu dipenuhi oleh seseorang; mengingat kualitas kepentingan

 

33. Simaklah kutipan resensi nonfiksi di bawah ini!

Sepuluh tahun kemudian, kehebatan Toyota membuka mata dunia. Keunggulannya bukan pada desain atau kinerja mobilnya yang memukau-meski itu juga diakui- melainkan lebih pada cara Toyota merancang dan memproduksi produknya. Dengan biaya kompetitif, ia lebih cepat merancang mobil dengan tingkat keandalan tinggi(Tim Edukatif, 2007: 68)

Keunggulan yang terdapat dalam resensi tersebut adalah ….

a. sepuluh tahun kemudian, kehebatan Toyota membuka mata dunia.

b. keunggulannya bukan pada desain atau kinerja mobilnya yang memukau

c. itu juga diakui melainkan lebih pada cara Toyota merancang dan memproduksi produknya.

d. dengan biaya kompetitif, ia lebih cepat merancang mobil dengan tingkat keandalan tinggi.

e. keunggulan Toyota terletak pada cara merancang dan memproduksi produknya.

 

34. Simaklah kutipan resensi berikut!

Jeffry K. Liker mempelajari Toyota selama 20 tahun untuk menemukan DNA keberhasilannya. Menakjubkan, praktis, dan layak diadaptasi secara cerdas (Tim Edukatif, 2007:68).

Kutipan tersebut merupakan salah satu unsur resensi bagian ….

a. pendahuluan

b. identitas buku

c. kelebihan

d. kelemahan

e. kesimpulan

 

35. Simaklah kutipan resensi ini!

Kepiawaian penulisnya, tak diragukan lagi. Dengan gaya deskripsinya yang gamblang, sangat mudah dan mengasyikan membaca buku ini. Sangat banyak manfaat yang diperoleh dari membaca buku ini. Semuanya niscaya akan memperkaya khasanah pengetahuan pembaca perihal menusia dan kemanusiaan.

Kalimat simpulan yang tepat untuk kutipan resensi tersebut adalah …

a. Jadi, buku ini mempunyai banyak manfaat bagi pembaca, khususnya para generasi muda.

b. Buku ini layak untuk diikutsertakan dalam berbagai acara bedah buku di kampus-kampus.

c. Jadi, buku ini mengasyikan untuk dibaca dan mempunyai banyak manfaat bagi pembaca.

d. Pembaca menjadi bertambah pengetahuannya tentang manusia dan kemanusiaan.

e. Buku ini sangat cocok dibaca oleh kalangan orang tua yang akan belajar tentang manusia.

 

Perhatikan kutipan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 36 dan 37!

…….

Matahari terbit

Fajar tiba

Dan aku melihat delapan juta kanak-kanak

Tanpa pendidikan

Aku bertanya

Tetapi pertanyaan-pertanyaanku

Membentur meja kekuasaan yang macet

Dan papan-papan tulis para pendidik

Yang terlepas dari persoalan pendidikan

……… (Rendra, Sajak Sebatang Lisong)

 

36. Suasana yang tercermin dari kutipan tersebut adalah ….

a. haru

b. sedih

c. berontak

d. prihatin

e. berjuang

 

37. Pesan yang terkandung dalam nukilan puisi tersebut adalah ….

a. Sebaiknya pemerintah lebih peka terhadap nasib anak-anak Indonesia yang tidak mengecap pendidikan

b. Sebaiknya seluruh warga masyarakat memberikan perhatian pada masalah pendidikan anak-anak Indonesia

c. Alangkah bijaksananya jika Pemerintah memerhatikan pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di garis kemiskinan

d. Ada baiknya jika para pengusaha sukses mempunyai anak-anak asuh untuk membiayai pendidikannya dari SD hingga Perguruan Tinggi.

e. Sudah saatnya pemerintah memberikan pendidikan kepada delapan juta anak-anak Indonesia yang belum mengecap pendidikan.

 

38. Maksud puisi Sajak Sebatang Lisong karya W.S.Rendra tersebut adalah….

a. agar para pengusaha peduli kepada anak-anak Indonesia sebanyak delapan juta yang belum mengecap pendidikan

b. agar seluruh masyarakat memperhatikan pendidikan mereka dengan menjadi anak asuh atau anak angkat

c. agar orang-orang yang hidupnya berkecukupan mengambil alih pendidikan anak-anak yang belum mengecap pendidikan tersebut

d. agar pemerintah segera memberikan pendidikan yang layak kepada anak-anak yang belum mengecap pendidikan

e. agar para stakeholder sadar akan tugas dan kewajibannya sebagai warga untuk bertanggung jawab atas pendidikan mereka

 

39. Bacalah kutipan kutipan buku berikut!

Perkembangan teknologi informasi yang telah berhasil memadukan komputer, internet, dan web menjadikan revolusi cara belajar dapat dilaksanakan. Keberhasilan cara belajar cepat dan mandiri dipengaruhi adanya sarana pendukung yang memadai, keberanian mengambil risiko penelitian, dan keterbukaan pada perubahan dan kesempatan dia berada. Belajar akan memberikan hasil yang positif apabila dilakukan di lingkungan yang mendukung, suasana yang menyenangkan dan nyaman(fun), serta keluarga yang utuh dan damai.

Pokok pikiran paragraf di atas adalah ….

a. belajar akan memberikan hasil yang positif bila dilakukan di lingkungan yang mendukung, suasana yang menyenangkan dan nyaman(fun), serta keluarga yang utuh dan damai

b. keberhasilan cara belajar cepat dan mandiri dipengaruhi oleh sarana pendukung yang memadai,

c. keluarga yang utuh dan damai merupakan syarat utama agar belajar bisa optimal dan positif

d. perkembangan teknologi informasi yang telah berhasil memadukan komputer, internet, dan web menjadikan revolusi cara belajar dapat dilaksanakan

e. keberanian mengambil risiko, dan keterbukaan pada perubahan dan kesempatan belajar akan memberikan hasil yang positif

 

40. Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut !

Untuk mengimbangi revolusi teknologi informasi yang telah terjadi, harus dilakukan perubahan menyeluruh terhadap cara belajar. Sekolah, lembaga pendidikan, dan guru harus meninggalkan cara dan metode belajar-mengajar tradisional. Sekolah harus dirancang ulang seluruhnya, menjadi pusat sumber pengetahuan dan pembelajaran masyarakat, menjadi ajang kegiatan yang paling menarik, serta untuk menjelajahi seluruh dunia pengalaman dan pengetahuan. Mata pelajaran utama yang diajarkan diarahkan kepada belajar tentang cara belajar, cara berpikir, dan cara mengelola masa depan diri sendiri. Cara pengajarannya diintegrasikan sebagai model yang berlaku untuk semua mata pelajaran(Tim Edukatif, 2007:98)

Intisari paragraf tersebut adalah ….

a. untuk mengimbangi revolusi teknologi informasi yang telah terjadi, harus dilakukan perubahan menyeluruh terhadap cara belajar

b. sekolah, lembaga pendidikan, dan guru harus meninggalkan cara dan metode belajar-mengajar tradisional

c. sekolah harus dirancang ulang seluruhnya, menjadi pusat sumber pengetahuan dan pembelajaran masyarakat, menjadi ajang kegiatan yang paling menarik, serta untuk menjelajahi seluruh dunia pengalaman dan pengetahuan

d. mata pelajaran utama yang diajarkan diarahkan kepada belajar tentang cara belajar, cara berpikir, dan cara mengelola masa depan diri sendiri

e. cara pengajarannya diintegrasikan sebagai model yang berlaku untuk semua mata pelajaran

 

41. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Pada catatan akhir tahun 2004, lembaga penegak hukum belum berfungsi maksimal. Hal itu terlihat semakin banyaknya putusan-putusan yang sama sekali tidak berdasarkan hukum dan tidak layak disebut sebagai keputusan yang keluar dari suatu lembaga peradilan yang seharusnya berwibawa. Di samping itu, pemerintah belum sungguh-sungguh dan tidak serius menangani dalam penegakan hukum. Kejaksaan Agung sebagai ujung tombak pemerintah tampak belum serius menangani para tersangka dalam kasus BLBI.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….

a. pemerintah telah sungguh-sungguh dan serius menangani dalam penegakan hukum

b. lembaga penegak hukum belum berfungsi secara maksimal

c. para tersangka kasus BLBI tidak dibawa ke Kejaksaan Agung untuk diadili

d. putusan-putusan yang dikeluarkan oleh penegak hukum harus adil

e. para penegak hukum harus dapat berlaku adil kepada semua warga

 

42. Simaklah kutipan biografi berikut!

Rohana tidak pernah mengenyam bangku pendidikan. Dia hidup di tengah adat-istiadat kolot. Dukungan serta perhatian orang tua di bidang pendidikan juga langka.

Bagi Rohana tidak ada perjuangan mulia yang sia-sia. Memang tidak mudah apalagi untuk berjuang mengubah kebudayaan. Cita-citanya menegakkan keadilan perempuan tidak selamanya berjalan mulus. Gugatan serta caci-maki menyertai langkahnya, baik dari kalangan agamawan, maupun pemuka masyarakat, terutama yang berpikiran sempit dalam memajukan kegiatan kaum perempuan. Derasnya gunjingan membuat Rohana dan suaminya pergi ke Medan.

Hal yang menarik dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah ….

a. Rohana tidak pernah mengenyam bangku pendidikan dan dia hidup di tengah adat-istiadat kolot,namun ia dengan gigih menegakkan keadilan bagi perempuan.

b. Rohana tidak pernah mengenyam bangku pendidikan. Dukungan serta perhatian orang tua di bidang pendidikan juga langka.

c. Bagi Rohana tidak ada perjuangan mulia yang sia-sia. Memang tidak mudah apalagi untuk berjuang mengubah kebudayaan.

d. Cita-citanya menegakkan keadilan perempuan tidak selamanya berjalan mulus. Gugatan serta caci-maki menyertai langkahnya, baik dari kalangan agamawan, maupun pemuka masyarakat.

e. Gugatan serta caci-maki menyertai langkahnya, baik dari kalangan agamawan, maupun pemuka masyarakat, terutama yang berpikiran sempit dalam memajukan kegiatan kaum perempuan.

 

43. Bacalah kutipan resensi berikut!

Secara keseluruhan ada dua tema utama yang diangkat dalam buku ini: Aceh dan penjara. Akan tetapi, rupanya penulis lebih mengedepankan tema Aceh sebagai tanah kelahirannya. Kenyataan social itu menjadi fondasi kumpulan cerpen ini. Dalam kata pengantarnya, sosiolog Aceh, Otto Syamsuddin Iskak menulis fragmen sosial Di Aceh terkonstruksi dalam buku ini. Misalnya cerita bertajuk “Cut Nyak Maneh” sangat kuat memberikan pemahaman siapa orang Aceh. Lalu Agam kental memberikan siasat keluarga Aceh dalam mempertahankan keturunan yang terancam peperangan. Oleh karena itu, sepanjang konflik, muncul kantong-kantong pemukiman orang Aceh di luar Aceh hingga ke negeri Atas Angin (Negara asing). Adapun Meutia menyajikan politik ganja serdadu dan kompleksitas kemiskinan(Nurdin Kalim, KIsah Negeri yang Bergolak).

Kutipan tersebut menunjukkan penilaian yang dominan terhadap unsur….

a. amanat

b. tema

c. penokohan

d. sudut pandang

e. budaya

 

44. Simaklah kutipan resensi berikut!

Dengan gaya yang cukup memikat, T.I. Thamrin melukiskan kegetiran sebuah keluarga Aceh di masa konflik dalam kumpulan cerpennya Meutia Sudah Berhenti Bertanya. Kisah bocah malang Meutia itu merupakan satu di antara 17 cerpen dalam bukunya yang diluncurkan awal September 2005.

Kutipan resensi kumpulan cerpen di atas merupakan bagian ….

a. identitas buku

b. kepengarangan

c. keunggulan

d. kelemahan

e. kesimpulan

 

45. Simaklah kutipan resensi berikut!

T.I. Thamrin sebenarnya sudah menulis cerpen sejak 1970-an. Akan tetapi, Meutia Sudah Berhenti Bertanya merupakan kumpulan cerpen pertama yang secara khusus mengangkat sisi kelam kehidupan Aceh akibat konflik berkepanjangan. Ia menggali cerita-ceritanya dari kesaksian teman, kerabat, dan orang-orang yang menjadi korban.

Kutipan resensi tersebut merupakan bagian ….

a. identitas buku

b. kepengarangan

c. keunggulan

d. kelemahan

e. kesimpulan

 

46. Bacalah kutipan novel di bawah ini!

Langit bagai berdetak, bintang-bintangnya meneteskan air matanya. Malam yang dingin mengajak bulan keluar dari lubuk kegelapan. Musim-musim harapan sedang merekah di pucuk-pucuk daun. Harum kembang-kembangnya. Sebentar lagi fajar pun cepat tiba. Membuka alam bagi Rama dan Sinta serta Laksmana untuk melangkah dalam cerita di hutan belantara(Sindhunata, Anak bajang menggiring Angin).

Pernyataan berikut yang relevan dengan kutipan tersebut adalah ….

a. Unsur yang dominan pada kutipan tersebut adalah penokohan

b. Unsur yang paling dominan pada kutipan tersebut adalah latar

c. Kutipan novel di atas beralur mundur

d. Kutipan novel tersebut mendeskripsikan latar hanya sedikit.

e. Kutipan novel tersebut lebih dengan teknik cerita narasi.

 

47. Perhatikan kutipan puisi lama berikut!

Mengumpat dan memuji hendaklah pikir

Di situlah banyak orang yang tergelincir

Puisi lama tersebut merupakan ….

a. pantun

b. talibun

c. karmina

d. gurindam

e. syair

 

48. Bacalah kutipan novel berikut!

Sebelum Subuh menjelang, Diana, Lea, dan Amon keluar dari penginapan lalu segera menuju hutan Pendek di perbatasan Utara kota Batu. Karena mereka ingin cepat-cepat; Amon dan Lea menggunakan ilmu meringankan tuubuh. Amon tampak menggendong Dianan di punggungnya dan melenting dari satu tempat ke tempat lainnya. Kecepatan mereka jadi luar biasa. Hanya dalam hitungan menit ketiganya sudah sampai gerbang perbatasan utara. Ketiganya memasuki kawasan hutan Pendek. Walau dibilang hutan kecil, tetap saja terasa angker(Dewi Sartika, Ranah Sembilan:56).

Latar yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ….

a. subuh, penginapan, hutan Pendek, kota batu, gerbang perbatasan kota

b. sebelum Subuh, penginapan, hutan Pendek, perbatasan Utara Kota Batu

c. menjelang Dzuhur, penginapan, hutan Pendek, perbatasan kota

d. setelah Subuh, penginapan, hutan Pendek, perbatasan pantura

e. sebelum Subuh, penginapan, hutan Pendek, perbatasan pinggiran Utara

 

49. Bacalah kutipan novel berikut!

“Ini anak kami yang pertama, namanya Ghina Paramitha. Dan ini suaminya, Teguh Pribadi Cakti, masih keturunan ningrat dari Solo. Mereka berdua bekerja di perusahaan asuransi.” Aku segera sunggingkan senyumku pada mereka. Setelah Bu Sulis memperkenalkan mereka.

“Baik, kita langsung mulai saja. Mungkin pertemuan pertama ini, kita mulai dari perkenalan metode yang akan kita gunakan untuk menguasai bacaan Al Quran. Setelah itu kita akan coba selang-seling tiap minggunya dengan materi Fiqih, Tafsir Al Quran, hadist, dan akhlak. Juga kita sediakan waktu untuk tanya jawab. Bagaimana?”(El Hasany, Jejak Cinta Sang Kyai)

Sudut pandang pada kutipan novel tersebut adalah ….

a. dia mahatahu

b. dia terbatas

c. aku tokoh utama

d. aku tokoh tambahan

e. aku tokoh figuran

 

50. Bacalah dengan saksama kutipan novel berikut!

“Itulah!”

“Kenapa?”

“Hadiah yang tersedia adalah satu juta zen. Itu hadiah yang menggiurkan”.

Aku tahu itu, dan kurasa semua pemburu hadiah tahu itu!”

“Tapi kali ini pasti berbeda.”

“Apa yang berbeda?”

Tapi kali ini pasti berbeda.”

“Apa yang berbeda?”

Aku punya kabar yang terbaru tentang perampok tersebut.”

“Oh ya? Sekarang Rei jadi berminat”(Dewi Sartika, Ranah Sembilan)

Cara penggambaran tokoh dalam kutipan tersebut adalah ….

a. penggambaran langsung pengarang

b. percakapan batin tokoh

c. percakapan antartokoh

d. lingkungan tempat tinggal tokoh

e. ciri-ciri fisik tokoh

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Terkini

peluang usaha
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ruang Belajar Bersama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger