Soal Ulangan Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas XI 2011

Senin, 02 Desember 2013 | komentar (2)

A. Petunjuk

Pilihlah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang huruf a, b, c, d, atau e pada lembar jawab yang tersedia!

1. Pahamilah kutipan sambutan berikut ini dengan cermat !

..............................................................................................................

Kita doakan semoga arwah mereka diterima di sisi-Nya sebagai pahlawan dan syuhada. Sekalipun mereka telah gugur, hakikatnya masih hidup di sisi-Nya. Namanya menjadi kenangan kita sepanjang masa, bahkan mereka tetap mendapat rizki di sisi Allah.

Mengingat peristiwa yang bersejarah itu, yang mengandung semangat kepahlawanan, maka kemudian pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 10 November itu menjadi ”Hari Pahlawan”, salah satu Hari Peringatan Nasional yang diperingati setiap tahun. Sebagai penghargaan dan penghormatan dari Pemerintah, maka hampir di setiap kota-kota besar dibangun dan disediakan Taman Makam Pahlawan. Di sana tempat dimakamkannya sebagian pahlawan-pahlawan yang ditetapkan berdasarkan ketentuan atau kriteria tertentu.

Demikian sekelumit yang dapat kami sampaikan dalam memperingati Hari Pahlawan kali ini. Sekali lagi mudah-mudahan arwah setiap pahlawan akan mendapatkan rida Illahi, sesuai dengan kedudukan dan niat mereka masing-masing.

Wassalamualaikum wr. wb.

Pokok isi sambutan dari penggalan sambutan di atas adalah ....

a. arwah para pahlawan diterima di sisi-Nya berkat doa-doa bangsa Indonesia.

b. hari pahlawan ditetapkan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 10 November.

c. berdasarkan kriteria tertentu pemerintah membangun dan menyediakan Taman Makam Pahlawan .

d. pemerintah menghargai dan menghormati para pahlawan di setiap kota-kota besar.

e. dengan mengenang nama pahlawan sepanjang masa, hakikat pahlawan masih hidup di sisi-Nya.

 

2. Pahamilah kutipan khotbah berikut ini dengan cermat !

Marilah kita tingkatkan mutu takwa kita kepada Allah dalam arti yang sebenarnya, yaitu dengan menjalankan perintah-Nya agar kita mempunyai sikap hidup yang paripurna, bahagia di dunia dan akhirat, sehat jasmani dan rohani. Sikap hidup seseorang merupakan cermin dari keimanannya. Seseorang yang melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya, ia akan membawa rahmat cinta kasih untuk semuanya.

Problematika sosial yang dirasakan menghambat kesejahteraan manusia yaitu kebodohan, kemiskinan dan kemaksiatan harus dihadapi dan diatasi bersama-sama dengan mencari jalan keluar. Dengan demikian kesejahteraan warga negara Indonesia dapat diwujudkan hingga ke taraf yang lebih tinggi.

Kesimpulan untuk isi khotbah tersebut adalah ...

a. Sikap hidup kita untuk terlibat mengatasi problematika sosial dalam mewujudkan kesejahteraan warga negara menunjukkan mutu takwa kita kepada Allah.

b. Problematika sosial yang ada di Indonesia merupakan wujud dari kesejahteraan warga negara Indonesia masih dalam taraf yang rendah.

c. Seseorang yang menjalankan perintah Allah akan meningkatkan keimanannya sehingga akan hidup bahagia di dunia dan di akhirat.

d. Problematika sosial yaitu kebodohan, kemiskinan, dan kemaksiatan merupakan hambatan manusia untuk bertakwa kepada Allah.

e. Kesejahteraan warga negara Indonesia harus diupayakan dengan mencari jalan keluar bersama.

 

3. Pahamilah kutipan teks wawancara berikut ini dengan cermat !

Narasumber : ”Budaya yang telah ada sejak Yogyakarta lahir merupakan identitas utama kota ini. Nilai tersebut tidak hanya tercermin dari sejumlah bangunan sejarah, juga pada kultur masyarakatnya. Kalau nilai ini terus dipelihara dan dikembangkan hingga ke pelosok kampung, tentu akan memperkuat status kota Yogya sebagai kota Budaya

(Tribun Jogja, 14 September 2011)

Tanggapan narasumber terhadap topik tersebut di atas adalah...

a. Nilai budaya kota Yogyakarta tercermin pada bangunan sejarah yang ada.

b. Kultur masyarakat Yogyakarta merupakan satu-satunya identitas utama kota Yogyakarta.

c. Nilai budaya sebagai identitas Yogyakarta harus dikembangkan hingga ke pelosok kampung.

d. Status kota Yogya diperkuat dengan sejumlah bangunan sejarah dan kultur masyarakatnya.

e. Nilai budaya merupakan identitas kelahiran kota Yogyakarta.

 

4. Pahamilah kutipan teks wawancara berikut ini dengan cermat !

Narasumber :”Berdasarkan peta asli tersebut, Camar Bulan dan Tanjung Dato masuk wilayah Kalimantan Barat. Tapi, peta Malaysia yang ada saat ini telah berbeda. Seharusnya melihat kembali patok asli dan kembali kepada peta awal tersebut.”

Narasumber :”Bila nanti klaim Malaysia pada Camar Bulan mendapatkan pengakuan dunia, maka warga Temanjuk harus melewati negara lain bila ingin bepergian ke desa-desa lain di wilayah Indonesia.”

(Tribun Jogja, 11 Oktober 2011)

Permasalahan yang dibahas dalam wawancara di atas adalah... .

a. Pengukuran batas negara Indonesia Malaysia yang tidak jelas, tidak sesuai dengan peta aslinya dan telah berbeda.

b. Klaim Malaysia atas wilayah Camar Bulan yang seharusnya masuk wilayah Kalimantan mendapat pengakuan dunia.

c. Wilayah Camar Bulan dan Tanjung Dato diklaim Malaysia yang seharusnya berdasarkan peta asli masuk peta wilayah Kalimantan Barat.

d. Indonesia meminta Malaysia untuk melihat kembali peta asli agar Malaysia tidak melakukan klaim atas wilayah Indonesia.

e. Warga Temanjuk keberatan apabila wilayah Camar Bulan dan Tanjung Dato diklaim Malaysia.

 

Pahamilah kutipan teks wawancara berikut ini dengan cermat untuk menjawab soal nomor 5 dan 6 !

Wartawan : ”Tolong jelaskan keadaan orang utan di dunia.”

Narasumber : ”Mereka berada di jurang kepunahan. Kami masih menjumpai orang utan di hutan, tetapi banyak sekali yang ditangkap. Anda tahu bahwa pasti tak banyak orang utan yang tersisa di alam bebas.”

Wartawan : ”Bagaimana orang utan bisa begitu terancam ?”

Narasumber :”Faktor utamanya bahwa sampai tahun 1988, Indonesia memiliki Menteri Kehutanan yang benar-benar ahli hutan. Pada 1988, ia digantikan Menteri Kehutanan yang ahli pertanian yang mendorong kegiatan perkebunan. Situasi ini menandakan beralihnya kebijaksanaan pemerintah dari tebang pilih menjadi tebang habis. Bagi orang utan kebijakan tebang habis berarti kepunahan. Dengan tebang pilih, beberapa hewan bisa tetap bertahan. Akan tetapi, dengan tebang habis, habitat akan punah. Seakan-akan belum cukup, pada 1977 terjadi kebakaran mengerikan yang menghacurkan hutan.

(kutipan dari Sains Bukan Sihir: Dimensi Kemanusiaan Sang Ilmuwan)

(Tribun Jogja, 11 Oktober 2011)

 

5. Pokok-pokok hasil wawancara di atas adalah sebagai berikut, kecuali... .

a. Jumlah orang utan semakin sedikit karena banyak ditangkap orang.

b. Kebijakan pemerintah sebelum tahun 1988 menguntungkan habitat orang utan.

c. Kebijakan pemerintah tahun 1988 mendorong kegiatan perkebunan.

d. Tahun 1988 kebijakan pemerintah beralih dari tebang habis menjadi tebang pilih.

e. Kebakaran hutan tahun 1977 mengancam kepunahan orang utan.

 

6. Rangkuman hasil wawancara tersebut adalah... .

a. Penyebab kepunahan orang utan antara lain penangkapan orang utan dan kebakaran hutan, namun faktor utamanya adalah kebijakan pemerintah yang lebih mendorong pada perkebunan, situasi dari tebang pilih menjadi tebang habis.

b. Penyebab kepunahan orang utan antara lain penangkapan orang utan dan kebakaran hutan yang mengerikan, namun faktor utamanya adalah pergantian Menteri Kehutanan menjadi Menteri Perkebunan.

c. Penyebab kepunahan orang utan faktor utamanya adalah penangkapan orang utan dan kebakaran hutan, ditambah dengan adanya kebijakan Menteri Perkebunan.

d. Penyebab kepunahan orang utan antara lain kebakaran hutan, namun faktor utamanya adalah kebijakan pemerintah yang lebih mendorong pada perkebunan yang mengarah pada situasi dari tebang habis menjadi tebang pilih.

e. Penyebab kepunahan orang utan antara lain penangkapan orang utan, namun faktor utamanya adalah kebijakan pemerintah yang lebih mendorong pada perkebunan yang mengarah pada situasi dari tebang pilih menjadi tebang habis.

 

7. Pahamilah paragraf berikut ini dengan cermat !

(1) Harga cabai hijau di pasar tradisional Kota Yogyakarta mengalami kenaikan mencapai lebih dari Rp 5.000. (2) Kenaikan ini dipicu oleh menipisnya stok cabai hijau dari Kulonprogo dan Sleman akibat musim kemarau yang tidak kunjung usai. (3) Harga cabai hijau kini dijual menjadi Rp 15.000 per kilogram. (4) Padahal sehari sebelumnya, cabai hijau dijual Rp 9.670 per kilogram. (5) Cabai keriting juga mengalami kenaikan menjadi Rp 17.170 per kilogram dari Rp 16.600 per kilogram.

Ide pokok paragraf di atas adalah terdapat pada kalimat ... .

a. ( 1 )

b. ( 2 )

c. ( 3 )

d. ( 4 )

e. ( 5 )

 

8. Pahamilah paragraf berikut ini dengan cermat !

(1) Pengadilan Tipikor Bandung memvonis bebas perkara korupsi dengan terdakwa Walikota Bekasi Mochtar Mochammad. Padahal Jaksa Penuntut Umum menuntut Mochtar 12 tahun penjara dan denda 300 juta. (2)Di Semarang pada saat yang bersamaan terdakwa kasus korupsi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online Cilacap, Oie Sindhu juga divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Semarang Jawa Tengah. (3)Sebelumnya Majelis Hakim Tipikor Bandung juga memvonis bebas perkara korupsi dengan terdakwa Wakil Walikota Bogor, Achmad Ru’yat dan Bupati Subang Eep Hidayat. (4)Kecaman dan kegeraman langsung bermunculan setelah Pengadilan Tipikor Bandung membuat rekor baru memvonis bebas terdakwa korupsi. (5)Wajah hukum Indonesia memang masih buruk.

Ide pokok paragraf di atas adalah terdapat pada kalimat ... .

a. ( 1 )

b. ( 2 )

c. ( 3 )

d. ( 4 )

e. ( 5 )

 

9. Pahamilah kutipan berita berikut ini dengan cermat !

Jadi Taman Nasional Malaysia

Pantai Tanjung Datu di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang dicaplok Malaysia, ternyata sudah dikembangkan menjadi objek wisata sejak lima tahun lalu oleh Negeri Jiran itu. Padahal, tapal batas di kawasan itu masih status quo, dan dalam proses perundingan.

Tubagus Hasanuddin, Wakil Ketua Komisi I DPR memang tidak menyebutkan siapa yang menggadaikan tanah tersebut. Namun, pembicaraannya memang mengarah ke anggota TNI yang menjaga perbatasan dan ikut melakukan pengukuran.

(Tribun Jogja, 11 Oktober 2011)

Pernyataan yang sesuai dengan isi berita di atas adalah...

a. Pantai Tanjung Datu Kalimantan Barat digunakan sebagai objek wisata.

b. Pantai Tanjung Datu digadaikan Tubagus Hasanudin, Wakil Ketua Komisi I DPR.

c. Pantai Tanjung Datu dicaplok Malaysia sejak lima tahun menjadi objek wisata.

d. Pantai Tanjung Datu digadaikan oleh anggota TNI saat menjaga perbatasan.

e. Pantai Tanjung Datu dalam proses perundingan akan menjadi milik Malaysia.

10. Pemenggalan kata yang benar sesuai dengan maksud berita adalah... .

 

a. Mobil eksperimen / Semar Proton / dan Semar Urban UGM Yogya / yang hampir tiga bulan tertahan / di Bea Cukai Jakarta / karena prosedur yang berbelit / sangat diharapkan / oleh pihak Tim Semar / bisa keluar.//

b. Mobil eksperimen Semar Proton dan Semar Urban UGM Yogya / yang hampir tiga bulan tertahan di Bea Cukai / Jakarta karena prosedur yang berbelit / sangat diharapkan oleh pihak Tim Semar / bisa keluar.//

c. Mobil eksperimen Semar Proton dan Semar Urban / UGM Yogya / yang hampir tiga bulan tertahan / di Bea Cukai Jakarta / karena prosedur yang berbelit / sangat diharapkan / oleh pihak Tim Semar / bisa keluar.//

d. Mobil eksperimen Semar Proton dan Semar Urban UGM Yogya yang hampir tiga bulan tertahan di Bea Cukai Jakarta / karena prosedur yang berbelit sangat diharapkan oleh pihak Tim Semar / bisa keluar.//

e. Mobil eksperimen Semar Proton dan Semar Urban UGM Yogya / yang hampir tiga bulan tertahan di Bea Cukai Jakarta / karena prosedur yang berbelit / sangat diharapkan oleh pihak Tim Semar / bisa keluar.//

 

Pahamilah kutipan berita berikut ini dengan cermat untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10 !

Pecinta Alam Lewat Selo

Setelah (1)Status Gunung Merapi normal aktif, jalur pendakian mulai dibuka. (2)Pendakian bisa melalui pos Babadan di desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, dan Pos Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

(3)Saat ini aktivitas pendakian sudah terpantau dari jalur Solo. (4)Namun jalur pendakian dari jalur Babadan masih sepi. (5)Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Jrakah, Purwono, mengatakan saat ini para pendaki tak bisa mendaki hingga sampai puncak karena kawasan puncak yang dulu ada sekarang telah hilang akibat erupsi 2011. .............................................................................................................. .

(Tribun Jogja, 11 Oktober 2011)

11. Kalimat efektif yang sesuai konteks untuk melengkapi paragraf yang rumpang adalah... ..

a. Pendaki hanya bisa sampai bibir kawah sebelah utara, atau Kawah mati.

b. Pendaki hendaknya selalu berkoordinasi dengan petugas keamanan.

c. Pendaki sudah diperbolehkan lewat jalur pendakian karena dinyatakan aman.

d. Pendaki rata-rata wisatawan mancanegara dan pecinta alam.

e. Pendaki ingin mengetahui kondisi puncak pascaerupsi 2010.

 

12. Kalimat tunggal yang terdapat dalam kutipan berita di atas adalah kalimat nomor... .

a. (1), (2)

b. (2), (3), (4)

c. (3), (5)

d. (1), (3), (5)

e. (4), (5)

 

13. Pahamilah sistematika proposal berikut ini dengan cermat !

PROPOSAL

KEGIATAN BAKTI SOSIAL OPERASI BIBIR SUMBING

SMA PADAMU NEGERI BEKERJASAMA DENGAN RSUD PRINGSEWU

A. Latar Belakang

B. Tujuan

C. Sasaran

D. Pelaksana

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

F. Hasil yang Diharapkan

G. ......................................

H. Penutup

Bagian dari proposal di atas yang dirumpangkan adalah... .

a. susunan acara

b. bentuk kegiatan

c. target peserta

d. anggaran biaya

e. nama sponsor

 

14. Pahamilah latar belakang proposal berikut ini dengan cermat !

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendapatkan seseorang dalam kondisi yang tidak sehat, cacat mental, cacat fisik, dan gangguan kesehatan lainnya. Ironisnya, mereka justru sebagian besar berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomis. Penderita cacat fisik berupa bibir sumbing, misalnya merasa sangat terganggu dengan keadaan yang dideritanya sejak lahir, yang sudah tentu tidak dikehendakinya. Mereka perlu ditolong.

Tergerak oleh kondisi yang memprihatinkan tersebut, maka dalam rangka memperingati Hari Kesehatan, OSIS SMA Padamu Negeri berniat untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa operasi bibir sumbing. Oleh sebab itu, kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu.

Tujuan yang sesuai dengan latar belakang proposal di atas adalah... .

a. Membantu para penderita cacat mental dan fisik yang diderita sejak lahir.

b. Mengasah kepedulian siswa SMA Padamu Negeri terhadap penderitaan sesama.

c. Memberi bantuan subsidi dana kepada penderita bibir sumbing.

d. Menumbuhkembangkan jiwa sosial pada para donatur.

e. Mewujudkan program pemerintah.

 

15. Perhatikan data buku berikut ini dengan cermat !

Judul buku : Pemandu di Dunia Sastra

Pengarang : Dick Hartoko dan B. Rahmanto

Penerbit : Kanisius

Kota Terbit : Yogyakarta

Tahun terbit : 1985

Penulisan daftar pustaka yang benar sesuai dengan data di atas adalah ... .

a. Dick Hartoko dan B. Rahmanto. 1985. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

b. Hartoko, Dick dan Rahmanto, B. 1985. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

c. Hartoko, Dick dan B. Rahmanto. 1985. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

d. Hartoko, Dick dan B. Rahmanto. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius. 1985.

e. B. Rahmanto, dan Dick Hartoko. 1985. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

 

16. Pahamilah surat perjanjian jual-beli berikut ini dengan cermat !

PERJANJIAN JUAL-BELI

Yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama : Sungkono

Tempat/Tanggal lahir : Yogyakarta, 1 Januari 1956

Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil

Alamat : Jalan Amerta Raya No. 50 Sleman

Selaku Penjual, selanjutnya disebut Pihak Pertama.

2. Nama : Sarjono

Tempat/Tanggal lahir : Yogyakarta, 15 Agustus 1956

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Jalan Gajah Mada No. 10 Sleman

Selaku Pembeli, selanjutnya disebut Pihak Kedua

.......................................................................................................................

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam surat perjanjian jual beli di atas adalah ... .

a. Dengan ini menerangkan bahwa kedua belah pihak telah mengadakan perjanjian jual beli tanah dengan ketentuan sebagai berikut.

b. Dengan ini menerangkan bahwa Pihak Pertama telah mengadakan perjanjian jual beli tanah dengan ketentuan sebagai berikut.

c. Dengan ini menerangkan bahwa Pihak Kedua telah mengadakan perjanjian jual beli tanah dengan ketentuan sebagai berikut.

d. Dengan ini menerangkan bahwa Pihak Pertama telah menjual tanah kepada Pihak Kedua dengan ketentuan sebagai berikut.

e. Dengan ini menerangkan bahwa kedua belah pihak telah berjanji dengan ketentuan sebagai berikut.

 

17. Pahamilah surat kuasa berikut ini dengan cermat !

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Priyo Utomo

No. Rekening : 005. 331. 017102

No. KTP : 3404122512700001

Alamat : Jalan Gatotkaca No.45 Sleman

MEMBERIKAN KUASA KEPADA

Nama : Putri Utami

No. KTP : 34041545037500001

Untuk mengambil / menerima sejumlah uang di BANK BPD DIY seperti yang tertera pada slip penarikan ini ( Rp 5.000.000) dan saya sertakan fokokopi bukti diri dan Buku Tabungan asli.

Segala akibat yang disebabkan oleh Surat Kuasa ini adalah tanggung jawab saya sepenuhnya.

Sleman, 17 Oktober 2011

Penerima Kuasa Pemberi Kuasa

Meterai Rp 6.000

Putri Utami Priyo Utomo

Isi surat kuasa di atas adalah... .

a. Priyo Utomo memberi kuasa Putri Utami untuk menandatangani slip penarikan uang di bank BPD sejumlah Rp 5.000.000.

b. Priyo Utomo diberi kuasa Putri Utami untuk menandatangani slip penarikan uang di bank BPD sejumlah Rp. 5.000.000.

c. Putri Utami diberi kuasa Priyo Utomo untuk mengambil/menerima uang di bank BPD sejumlah Rp 5.000.000.

d. Priyo Utomo diberi kuasa Putri Utami untuk mengambil/menerima uang di bank BPD sejumlah Rp 5.000.000.

e. Priyo Utomo memberi kuasa kepada bank BPD untuk memberikan uang sejumlah Rp 5.000.000 kepada Putri Utami.

 

18. Pahamilah surat dagang berikut ini dengan cermat !

Kami akan sangat gembira jika Saudara dapat mengirimkan penjelasan mengenai jenis-jenis barang dan harga barang elektronik di toko Maju Jaya. Jika kami tertarik dan ada kesesuaian harga, kami akan memesan dalam jumlah partai besar.

Informasi secepatnya sangat kami harapkan. Terima kasih.

Berdasarkan isi surat, jenis surat dagang di atas adalah surat... .

a. surat penawaran

b. surat permintaan

c. surat pesanan

d. surat pengaduan

e. surat pengiriman

 

Pahamilah penggalan dialog drama berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 19 dan 20 !

Citra : (Marah) Saya harap Tuan Suwanto meninggalkan tempat ini.

Wanto : (Seperti heran) Ah, mengapa ? Saya tidak mengganggu, bukan ? Saya cuma ingin bercakap-cakap dengan Nona, apa salahnya.

Citra : Jika Tuan Sutopo datang, Tuan akan dipecat nanti.

Wanto : Nona susah kalau saya dipecat? (Mendekat). Tetapi buat Nona, seribu kali saya mau dipecat, dibunuh sekalipun. Nona tahu, saya sudah lama menunggu-nunggu kesempatan begini.

Citra : Kesempatan apa ?

Wanto : (Keras)Jangan terlalu jual mahal, Nona. Ingatlah, kita sebenarnya sama derajat, sama-sama keluar dari kaum yang dinamakan orang rakyat jelata. Nona bukan termasuk keluarga Surio. Nona tentu tahu. Nona Cuma dipernis sedikit, Nona Cuma...

Citra : Saya tahu, saya Cuma anak pungut. Cuma dari rakyat jelata. Tetapi jangan Tuan mencemarkan nama itu dengan kelakuan Tuan yang tidak senonoh....

 

19. Konflik yang terdapat dalam dialog drama tersebut adalah... .

a. Citra tidak menolak perlakuan Wanto meskipun Citra dari rakyat jelata.

b. Citra menolak cinta Wanto karena Wanto dari kaum rakyat jelata.

c. Citra tidak rela derajatnya direndahkan oleh Wanto.

d. Citra merasa malu karena ternyata latar belakangnya diketahui Wanto.

e. Citra marah pada Wanto karena mengganggu Citra saat bekerja.

 

20. Konflik yang terjadi dalam dialog drama tersebut adalah konflik antara ... .

a. pemain dengan lingkungannya (konflik sosial)

b. pemain dengan kemauannya (konflik internal)

c. pemain dengan keyakinannya (konflik internal)

d. pemain dengan nasibnya (konflik batin/moral)

e. pemain dengan pemain (konflik eksternal)

 

Pahamilah penggalan dialog drama berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 21 dan 22 !

Polwan : Ibu telah mendengar semua tentang kalian dari Bapak saya. Kalian anak-anak baik telah menolong Bapak saya. Kata Dirgo tadi, kalian tidak sekolah lagi, ya ?

Lohan : Benar, Bu. Kami sebenarnya teman sekelas di SMP. Baru kelas VIII, tapi kami terpaksa keluar. Nggak bisa beli alat-alat sekolah dan buku.

Polwan : Kamu ingin jadi apa kelak, Dirgo ?

Dirgo : Ingin jadi seperti Ibu, Polisi.

Polwan : Kalau kamu, Lohan?

Lohan : Ingin jadi pengarang seperti Chairil Anwar.

Polwan : Baik, cita-cita kalian sungguh bagus. Tapi, tanpa sekolah, tak mungkin cita-cita kalian tercapai.

Dirgo : Tapi, kan lumayan Bu, kami masih punya cita-cita. Dari pada nggak.

Polwan : Maksud Ibu begini. Kalian ini anak-anak baik dan telah menolong ayah saya. Karena itu kami ingin menjadi orang tua asuh kalian. Kami akan membiayai pendidikan kalian sampai selesai. Itu pun kalau kamu menerimanya.

Lohan : Wah, terima kasih, Bu.

 

21. Karakter tokoh Polwan dalam dialog drama tersebut adalah sebagai berikut, kecuali...

a. menghargai orang lain

b. rendah hati dan dermawan

c. peduli pendidikan

d. penuh keikhlasan

e. berjiwa sabar

 

22. Kaitan isi drama di atas dengan kehidupan sehari-hari adalah ... .

a. putus sekolah terjadi pada anak-anak yang bermasalah

b. orang tua asuh biasanya berprofesi sebagai polisi

c. banyak orang mencapai cita-cita tanpa harus duduk di bangku sekolah

d. kendala utama pada anak-anak putus sekolah adalah masalah biaya

e. orang tua asuh akan mendapat banyak pujian dari masyarakat

 

23. Gerakan-gerakan kecil yang bermakna yang dilakukan seorang pemain, misalnya mengangkat bahu, mengernyitkan dahi, dan dilakukan dengan luwes dan pada waktu yang tepat dalam drama dikenal dengan istilah ... .

a. bloking

b. gesture

c. pantomim

d. mimik

e. business

 

Pahamilah kutipan drama berikut ini untuk menjawab soal nomor 24 dan 25 !

Panglima : Kalau hamba boleh tahu, apakah itu, sang Raja ?

Raja Wurawari : Menghancurkan istana Watonmas dan membunuh Prabu Darmawangsa !

Panglima : Tuan memang telah mengatur siasat untuk itu ?

Raja Wurawari : Sejarah akan mencatat bahwa akulah, Raja Wurawari, yang berhasil menaklukkan Prabu Darmawangsa yang begitu perkasa !

 

24. Dimensi watak sosiologis dari ”Raja Wurawari” tercermin pada ... .

a. cita-cita tokoh ingin menakhlukkan Prabu Darmawangsa

b. emosi tokoh ingin menghancurkan istana Watonmas

c. jabatan tokoh sebagai sang Raja

d. pakaian tokoh sebagai sang Raja

e. jenis kelamin tokoh sebagai laki-laki yang gagah perkasa

 

25. Tokoh ”Panglima” di atas dilihat dari perannya disebut tokoh... .

a. protagonis

b. antagonis

c. tritagonis

d. pemeran pembantu

e. figuran

 

26. Pahamilah kutipan hikayat berikut ini dengan cermat !

Maka kata Indera Bangsawan, ”Hamba ini tiada bernama dan tiada tahu akan bapak hamba, karena diam dalam hutan rimba belantara. Adapun sebabnya hamba kemari ini karena hamba mendengar khabar anak raja sembilan orang hendak datang membunuh Buraksa dan merebut tuan hamba daripadanya itu, itulah maka hamba datang kemari hendak melihat tamasya anak raja itu. Mengasihani hamba dan pada bicara akal hamba akan anak raja-raja yang sembilan itu tiadalah dapat membunuh Buraksa itu. Jika lain daripada Indera Bangsawan tiada dapat membunuh akan Buraksa itu.

Perwatakan tokoh yang ada pada hikayat di atas adalah ... .

a. sombong

b. berani

c. dermawan

d. sabar

e. jahat

 

27. Amanat yang terkandung dalam hikayat di atas adalah ... .

a. mengucapkan bismilah jika melihat kejahatan

b. jangan menyombongkan diri

c. tunjukkan jika memiliki suatu kemampuan

d. hendaklah menolong orang yang dalam kesulitan

e. bersyukurlah jika mendapat pertolongan

 

28. Nilai moral yang terdapat dalam hikayat di atas adalah ... .

a. kekacauan penduduk akibat hasutan

b. ketidakpedulian raja kepada rakyatnya

c. kepedulian rakyat atas keselamatan rajanya

d. kekejaman raja terhadap rakyatnya

e. keadilan seorang raja kepada rakyatnya

 

Pahamilah kutipan novel Indonesia berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 29 dan 30 !

... Sejak itu, aku bersumpah untuk mengikuti jejak Papi: menjadi KNIL. Itulah keputusan yang diambil Teto. Maka, setelah Indonesia diproklamirkan dan Jepang kabur tanpa syarat, yang kemudian disusul dengan masuknya kembali Belanda, Teto langsung hendak bergabung dengan tentara KNIL. Lewat bantuan Mayor Verbruggen, Teto bisa diterima di kesatuan tentara Belanda. Dalam waktu dua bulan, ia sudah menjadi komandan patroli dengan pangkat letnan dua.

Sementara Teto dalam petualangannya mencari kepuasan balas dendam, Larasati (Atik), teman sepermainan Teto sejak kecil, bekerja di Kementerian Luar Negeri. Jadi, pada saat negara ini baru lahir, Atik secara sadar memilih berjuang untuk bangsanya sendiri, untuk mempertahankan kemerdekaan dari cengkeraman tentara Belanda yang di dalamnya bergabung Teto.

(Burung-burung Manyar, oleh Y.B. Mangunwijaya)

 

29. Tema yang diangkat dalam penggalan novel di atas adalah... .

a. peperangan

b. kepahlawanan

c. penjajahan

d. nasionalisme

e. religius

 

30. Unsur ekstrinsik yang menonjol dalam novel karya Mangun Wijaya di atas adalah... .

a. budaya

b. sosial

c. politik

d. ekonomi

e. agama

 

Pahamilah kutipan novel berikut ini untuk mengerjkan soal nomor 31 dan 32 !

”Saya yakin kamu akan puas dengannya,” katanya. ”Dia telah kami pilih sesuai dengan persyaratan komputer. Tidak ada yang melebihinya dari seratus puluh juta wanita yang memenuhi syarat di Amerika Serikat. Kami memilih berdasarkan suku, agama, etnik, dan latar belakang religional... ”

”Kita banyak kesamaannya,”katanya.

Sembilan tahun sudah kini, aku dan Alice menikah. Tiga anak telah kami miliki, dua laki-laki dan seorang perempuan. Kami tinggal di pinggiran kota, dan banyak mendengarkan musik klasik dan PH-nya Frankie Laine. Penghabisan kali kami mempertengkarkan bahwa terlalu jauh untuk mengingat-ingat. Kami sepakat hampir setiap hal. Dia adalah seorang istri yang baik dan jika aku boleh mengatakannya juga, aku pun seorang suami yang baik. Perkawinan kami begitu sempurna. Kami akan bercerai bulan depan. Aku tak kuasa menahannya.

(Jodoh yang Sempurna, karya Stephen Makler)

 

31. Amanat yang disampaikan pengarang dalam novel terjemahan tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ... .

a. teknologi komputer bukan segala-galanya, jangan terlalu mengagungkan kehebatan teknologi, jodoh tidak bisa diformat dengan komputer.

b. memilih jodoh adalah keputusan dalam hidup, sebaiknya kita harus memiliki komitmen atas pilihan tersebut.

c. pertengkaran dalam relasi harus memberikan solusi yang terbaik, perceraian bukanlah solusi.

d. kebahagiaan perkawinan harus selalu diupayakan, jangan terjebak pada kejenuhan dalam rutinitas kehidupan.

e. pasangan yang memiliki banyak kesamaan akan menjamin kebahagiaan perkawinan.

 

32. Unsur ekstrinsik yang menonjol dari novel terjemahan tersebut adalah ... .

a. budaya

b. sosial

c. politik

d. ekonomi

e. agama

 

33. Pahamilah kutipan novel Indonesia berikut ini dengan cermat !

Mereka tak dapat berkata, sesuatu apa, hanya Pak Haji saja yang perlahan-lahan membacakan ayat-ayat al-Quran untuk menenangkan hati Pak Balam dan juga hati mereka semua. Kemudian Pak Balam tiba-tiba memutar kepalanya dan memandang kepada Wak Katok dan sinar matanya berubah jadi kencang, kuat, dan keras. Dia berkata dengan suara gurau, ”Karena engkaulah Wak Katok, aku harus menebus dosaku dulu seperti ini... ”

Sumber: Harimau ! Harimau !

Nilai agama yang tersirat dalam kutipan novel tersebut adalah... .

a. memberikan wasiat sebelum meninggal dunia

b. membaca ayat suci untuk menenangkan hati

c. menebus dosa dengan cara-cara yang tidak baik

d. melakukan ibadah ke tanah suci untuk mengakui dosa

e. menuduh orang lain sebagai penyebab dosa yang telah ditanggung

 

34. Pahamilah kutipan resensi berikut dengan cermat !

Harry Potter, seorang anak laki-laki berkemampuan sihir, telah menyihir dunia melalui kesuksesan kisahnya. Tetapi, sebenarnya kisah sukses novel Harry Potter merupakan hasil perjuangan ekstrakeras pengarangnya J.K. Rowling. Pada awalnya cerita Harry Potter ditolak berbagai penerbit terkenal di Inggris. Nasibnya berubah ketika naskahnya ditawarkan kepada penerbit Bloomsbury Press yang segera membeli kisah yang rencananya akan terbit dalam tujuh judul ini. Kini jutaan eksemplar sudah terjual di seluruh dunia dan itu membawa J.K. Rowling menjadi orang terkaya di Inggris selama tahun 2002-2003. Inilah antara lain yang dikemukakan oleh Indra Ismawan dalam karangannya Kisah Sukses J.K. Rowling: Di Balik Proses Penulisan Harry Potter.

Berdasarkan penggalan resensi di atas, buku yang diresensi adalah jenis buku... .

a. fiksi

b. nonfiksi

c. novel

d. kumpulan drama Harry Potter

e. terjemahan Harry Potter

 

35. Pahamilah kutipan resensi berikut dengan cermat !

Semua pecinta lingkungan yang ditampilkan dalam buku ini adalah orang-orang biasa saja, tetapi mereka sadar akan dampak manusia yang buruk pada lingkungan. Mereka berusaha memulihkan alam pada keadaan semula, saat sebelum dikuasai dan ditindas oleh manusia. Mereka membuktikan bahwa secara individu, orang per orang, setiap manusia dapat memberikan sumbangan yang besar pada upaya penyelamatan sumber daya alam dari kepunahan.

Berdasarkan sistematika sebuah resensi, uraian resensi di atas merupakan bagian... .

a. pendahuluan

b. garis besar isi buku

c. kelebihan buku

d. kekurangan buku

e. kesimpulan

 

36. Pahamilah kutipan resensi berikut ini dengan cermat !

Ronggeng Dukuh Paruk berkisah tentang kehidupan seseorang ronggeng, Srintil, yang tinggal di sebuah desa kecil bernama Dukuh Paruk. Ditempat inilah Srintil salah satu penghuni dari penduduk Dukuh Paruk yang menempati 23 rumah. Srintil seorang anak yatim. Ayah dan Ibunya bersama penduduk lainnya meninggal karena keracunan tempe bongkrek saat Srintil masih bayi. Beruntunglah ia masih punya kakek yang membesarkannya.

Hal yang dibahas dalam penggalan resensi di atas adalah ... .

a. keunggulan bukul

b. kelemahan buku

c. bahasa

d. isi buku

e. kepengarangan

 

37. Karya-karya berikut yang tidak dapat dijadikan objek penulisan resensi adalah... .

a. kumpulan cerpen, kumpulan drama, kumpulan puisi

b. buku-buku yang bersifat nonfiktif

c. novel dan roman

d. konser musik, film, drama

e. artikel, tajuk rencana

 

38. Pahamilah kutipan resensi berikut ini dengan cermat !

Karya Supernova adalah sebuah superimajinatif. Sungguh tidak lazim bagi dunia sastra Indonesia. Ditulis dengan gaya pop, tetapi sarat dengan problema filsafat dan teori-teori ilmiah. Baru kali ini dalam sastra Indonesia, seorang penulis mampu mengartikulasikan labirin kehidupan kontemporer secara eksperimentatif dengan gaya yang hampir science fiction.

Dalam kutipan di atas hal yang diresensi adalah ... .

a. kepengarangan

b. kesimpulan terhadap buku

c. kekurangan dan keunggulan buku

d. gaya penulisan cerita

e. bahasa pengarang dalam buku

 

39. Pahamilah kutipan resensi berikut ini dengan cermat !

Kendati novel ini mengandung pujian dari banyak pihak, termasuk mereka yang seharusnya bisa bersikap lebih kritis, ada beberapa catatan penting yang dapat kita ajukan kepada pengarangnya. Seperti diingatkan mahafisikawan Inggris, Stephen Hawking, kelemahan yang sering melekat dalam novel dan film fiksi sains adalah sifatnya yang terlalu mengada-ada (Hawking, 1993). Artinya, tidak tunduk terhadap logika ketat dan sains yang nyata. Sayangnya, novel ini pun terperosok ke dalam cacat yang nyaris sama.

Hal yang dibahas dalam penggalan resensi di atas adalah ... .

a. keunggulan bukul

b. kelemahan buku

c. bahasa

d. isi buku

e. kepengarangan

 

40. Manfaat resensi bagi pembaca adalah... .

a. memiliki buku yang diresensi

b. memperkirakan buku yang diresensi untuk dibaca/dimiliki

c. menghubungkan dengan penulis

d. meningkatkan kemampuan menulisnya

e. menerima imbalan dari penerbit

 

B. SOAL ESAI

41. Tulislah pokok-pokok isi artikel berikut ini dengan tepat !

Pemasangan Papan Reklame Harus Ditata Ulang

Tanpa Hilangkan Pendapatan Asli Daerah

Harus diakui bahwa keberadaan papan reklame di kota Yogyakarta memang perlu dibenahi karena mengganggu keindahan kota. Masyarakat telah lama memberikan kritik dan perhatian akan hal ini kepada Pemerintah Kota Yogyakarta, perlunya ada kebijaksanaan baru untuk mengatur papan reklame yang dirasa sudah sangat semrawut.

Papan reklame berupa baliho, billboard maupun megatron adalah salah satu kontributor pendapatan kota yang nilainya mencapai Rp 5 miliar. Banyaknya para pemasang iklan juga menandai geliat ekonomi suatu daerah yang terus bertumbuh. Maka bagaimana fungsi ekonomi bisnis ini akan kita padukan dengan keindahan kota.

Kebijakan tentang pemasangan papan reklame harus mempertimbangkan berbagai aspek, yaitu lingkungan hidup, estetika, keamanan, dan tentu aspek ekonomi bisnis agar papan reklame tetap menjadi kontributor pendapatan asli daerah.

Media luar ruang tersebut harus segera disesuaikan ukuran, ketinggian, dan posisi agar wajah kota semakin nampak asri.

Pencitraan Yogya Berhati Nyaman akan lebih menonjol dengan pemasangan iklan layanan masyarakat, yang berisi pesan moral dan disiplin warga kota.

(Tribun Jogja, 8 September 2011: Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota)

 

42. Kemukakanlah tanggapan Anda atas pernyataan narasumber berikut ini:

”Minat membaca di Indonesia secara keseluruhan masih sangat rendah. Masyarakat tidak pernah mengalami budaya membaca karena telah terjadi loncatan kultur dari praliterasi ke pascaliterasi. Perkembangan teknologi lebih cepat dari budaya membaca sehingga masyarakat lebih cenderung menikmati tontonan televisi. Padahal tingginya minat membaca terkait erat dengan peradaban dan kecemerlangan suatu bangsa.”

 

43. Buatlah latar belakang sebuah proposal dengan kegiatan Lomba cipta puisi dan artikel bertema penyelamatan lingkungan!

44. Susunlah daftar pustaka dari data buku berikut ini sesuai dengan aturan penulisan daftar pustaka !

NO.

JUDUL BUKU

NAMA PENGARANG

PENERBIT

KOTA TERBIT

TAHUN TERBIT

1

Apresiasi Cerita Pendek Indonesia 1 Cerpenis Wanita

Korrie Layun Rampan

Nusa Indah

Ende

1988

2

Pengkajian Puisi

Rachmat Djoko Pradopo

Gajah Mada University Pres.

Yogyakarta

1995

3

Membangun Perangkat Lunak Demokrasi

Tajuk Rencana

Kompas

-

24 September 2004

4

Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan

Erlangga

Jakarta

1999

 

45. Pahamilah kutipan novel terjemahan berikut ini dan jelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat pada cuplikan novel tersebut !

.........................................................................................................................

Ibu mulai berbicara dengan terburu-buru, suaranya keras, tatapannya tajam, seolah-olah itu satu-satunya cara agar ia bisa mengeluarkan kata-kata. ”Baiklah Miranda. Kami akan menceritakan kepadamu sesuatu yang pasti akan membuatmu gusar. Tapi, ibu pikir, lebih baik gusar daripada mati. Jadi, beginilah ceritanya.” Ia menghela nafas pendek. ”Gadis itu adalah duplikat dirimu. Ia diciptakan dari DNA yang diambil saat kelahiranmu. Ia jaminan asuransimu. Begitu banyak anak tewas dalam kecelakaan mobil atau penyakit mengerikan, semua karena dokter tidak bisa mendapatkan organ pengganti, atau sumsum tulang, atau apalah. Kami, ayahmu dan ibumu, bertekad kamu tidak mengalami nasib seperti itu. Kami tidak ingin melihatmu mati. Jadi, kami membuat sebuah duplikat. Ia diciptakan di sini dengan satu-satunya tujuan, mendonorkan untukmu apapun yang kamu butuhkan.”

......................................................................................................................................

”Sebuah klon.” Aku mulai tertawa. ”Ini lelucon, kan ? Ini hanya lelucon.” Mereka memandangku tanpa berkata-kata. Aku mulai berhenti tertawa. ”Kamu bukan orang tuaku !” teriakku.

....................................................................................................................................

(Miranda: Jangan Ambil Nyawaku, judul asli: Cloning Miranda, karya Carlos Matos)

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

27 November 2016 pukul 07.25

kalau boleh tau....jawabannya mana??

12 Oktober 2022 pukul 07.32

No 2

Posting Komentar

Komentar Terkini

peluang usaha
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ruang Belajar Bersama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger