Soal Ulangan Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas X 2011

Senin, 02 Desember 2013 | komentar

I. SOAL PILIHAN GANDA

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan pada lembar jawab yang tersedia!

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Bahwa koran itu lahir dari suatu pergumulan yang berat, ini bisa dilihat dari kisah mereka yang harus kucing-kucingan dengan sisa tentara musuh pada awal revolusi fisik. Mereka juga berisiko ditangkap, bahkan ditembak musuh, saat menyebarkan koran itu. Untuk memproduksinya, Rusli Amran-kemudian dikenal sebagai penulis buku Sumatra Barat Hingga Plakat Panjang (1981)-terpaksa menjual perhiasan istrinya. Maka sahih bila mereka mendeskripsikan korannya dengan moto "Dalam Kemerdekaan, Soeara Perdjoeangan". Beberapa kali logo ini berubah dalam edisi selanjutnya: "Soeara Perdjoeangan", "Soeara Perdjoeangan dalam Kemerdekaan", "Soeara Rakjat Merdeka", dan "Harian Pelopor Proklamasi".

Tempo online 22 Agustus 2011

1. Ide pokok kutipan tersebut adalah ….

a. Koran lahir dari suatu perjuangan yang berat dan panjang

b. Kisah kucing-kucingan dengan sisa tentara musuh pada awal revolusi fisik saat peredaran koran.

c. Rusli Amran-kemudian dikenal sebagai penulis buku Sumatra Barat Hingga Plakat Panjang

d. Kesahihan pendeskripsian koran dengan moto "Dalam Kemerdekaan, Soeara Perdjoeangan".

e. Perubahan logo dalam edisi koran selanjutnya Rusli Amran.

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Angka pengangguran semakin hari semakin tinggi. Untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan, para pencari kerja harus melakukan persiapan yang matang. Pertama tenang. Semakin sesuai kompetensi Anda dengan pekerjaan yang dilamar, Anda akan semakin tenang menghadapi interview. Rasa percaya diri akan menciptakan postur tubuh yang santai. Dalam kondisi yang tenang, Anda bisa melalui wawancara dengan baik. Ingat selalu santai, percaya diri, dan tenang. Kedua cari tahu minat. Buatlah daftar minat Anda. Semakin berminat pada sesuatu, semakin Anda bergairah melakukannya. Ketiga cari tahu tentang perusahaan yang Anda lamar. Cari tahu dan pelajari mengenai perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Dengan mengetahui hal itu dan mampu menjelaskannya dengan baik, Anda mampu meyakinkan pewawancara bahwa Anda benar-benar berniat bekerja di sana. Keempat latihan wawancara. Latihan tanya-jawab akan pertanyaan yang mungkin keluar saat wawancara. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kelima berpikir positif. Ingat, saat wawancara, yang Anda lakukan adalah "menjual" diri kepada perusahaan tersebut. Segala tindakan atau perkataan yang buruk dapat menghambat Anda mendapat pekerjaan tersebut.

Tempo Interaktif, 28 Agustus 2011

2. Ringkasan isi teks di atas adalah....

a. Angka pengangguran semakin hari semakin tinggi perlu mendapat perhatian dari pemerintah supaya tidak terjadi boming tenaga kerja.

b. Perlu ketenangan dalam mencari pekerjaan yaitu bersikap tidak tergesa-gesa agar dinilai mempunyai kemampuan lebih.

c. Tips mendapatkan pekerjaan dengan cara bersikap tenang, kenali minat, cari tahu perusahaan, latihan wawancara, dan berpikir positif.

d. Pada saat wawancara, yang dilakukan adalah "menjual" diri kepada perusahaan tersebut maka segala tindakan atau perkataan yang buruk dapat menghambat mendapat pekerjaan tersebut.

e. Pelajari mengenai perusahaan dan posisi yang dilamar maksudnya mampu menjelaskannya dengan baik, dan mampu meyakinkan pewawancara bahwa benar-benar berniat bekerja di sana.

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

"Kakek, siapakah orang-orang yang datang dengan gerobak itu Kek? Dari manakah mereka datang?"

Kakek menjawab sambil menghela napas.

"Oh, mereka selalu datang selama bulan puasa, dan nanti menghilang setelah Lebaran. Mereka datang dari Negeri Kemiskinan."

"Negeri Kemiskinan?"

"Ya, mereka datang untuk mengemis."

Aku tidak bertanya lebih lanjut, karena kakekku adalah orang yang sibuk. Di samping menjadi pejabat tinggi, perusahaannya pun banyak sekali, dan Kakek tidak pernah membagi pekerjaannya yang berat itu dengan orang lain. Semuanya ia tangani sendiri. Dari jendela loteng, kuamati orang-orang di dalam gerobak itu. Anak-anak kecil itu tampaknya seusiaku. Namun kalau aku setiap hari disibukkan oleh tugas-tugas sekolah, anak-anak itu pekerjaannya hanya bermain-main saja. Kadang-kadang aku ingin sekali ikut bermain dengan anak-anak itu, tetapi Kakek tentu saja melarangku.

“Gerobak” Cerpen Seno Gumira Ajidarma Dimuat di Kompas 10/15/2006

 

3. Karakter tokoh ‘aku’ adalah ....

a. pemalas

b. penasaran

c. cerewet

d. sombong

e. acuh

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

GURU Jabut, lelaki bertampang letih, tapi berhati cerlang. Ia dibutuhkan, tapi juga diam-diam dipencilkan. Guru Jabut itu ringan tenaga, pesuruh yang pantang mengeluh. Jaga malam di ranum sawah-ladang warga ia lakukan. Menambal atap rumah yang bocor ia tunaikan. Upahnya? Kalau tak dengan beras sepungut-dua pungut, ya, boleh kasih seikat sayur, sebungkus rokok, atau apa saja. Tak berupah pun, Guru Jabut tak kapok.

Sudah itu, Guru Jabut paling rajin ke surau. Ia tekun pula jadi guru mengaji di beranda surau. Sebagian besar anak-anak kampung seumur anak SD, Guru Jabut pengajarnya. Ia fasih tajwid, mahir pula melagukan bacaan. Suara Guru Jabut, uih, merdu berkelok. Guru Jabut tak hanya mengajar baca Quran, tapi juga memandikan sekaligus sembahyang mayit. Lantas, anak laki-laki dibimbingnya mengumandangkan bahang alias azan, juga jadi imam. Bisa dikatakan, Guru Jabut tak ambil keuntungan besar, terlebih-lebih uang, dari jasa mengajar. Lalu? Ya, itu tadi. Pokoknya para orang tua jarang merogoh saku. Guru Jabut cuma disodori beras, rencah lauk, rokok, bahkan tak sama sekali. “Guru Jabut” Cerpen Hasan Al Banna

(Koran Tempo, 21 Agustus 2011)

 

4. Unsur ekstrinsik yang menonjol dalam cerpen di atas adalah ....

a. nilai agama

b. nilai budaya

c. nilai moral

d. nilai pendidikan

e. nilai sosial

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

Ups, demi mendamaikan kekacauan, Guru Jabut memilih menanggungkan hujan ludah dari sejumlah anak didiknya. Tapi, Guru Jabut tak pernah bersurut hati. Tabungan kasih sayangnya terhadap anak-anak selalu berlimpah. Pun anak-anak, sesungguhnya menaruh hormat pada Guru Jabut. Mereka tetap setia berimam pada Guru Jabut. Hal yang tak dilakukan sebagian besar warga dewasa di kampung itu.

 

5. Kalimat yang dicetak miring menggunakan majas....

a. asosiasi

b. metafora

c. personifikasi

d. metonimia

e. alusio

 

Perhatikanlah kutipan penggalan puisi berikut ini !

Rick dari Corona

Betsyku bersih dan putih sekali

Lunak dan halus bagaikan karet busa

Rambutnya merah tergerai

...

Dan kakinya sempurna

Singsat dan licin

Bagaaikan ikan salmon

 

6. Kalimat yang bermajas untuk mengisi baris yang rumpang adalah ....

a. Tampak hitam menawan

b. Lurus dan panjang

c. Tercium bau mewangi

d. Bagai berkas benang-benang rayon warna emas

e. Dihiasi bunga nan menawan

 

7. Berikut ini topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskripsi adalah....

a. Pemandangan di gunung Merapi

b. Berwisata ke pulau Bali

c. Pendirian koperasi sekolah

d. Berkunjung ke rumah teman

e. Hobi membawa rejeki

 

Bacalah kutipan penggalan paragraf berikut ini !

Ruang pamer Rumah Seni Cemeti, Yogyakarta, berubah menjadi bendungan besar. Tiang utama di bagian tengah ruangan berubah menjadi parameter air. ............................................................................................................................... Dari 181.50, 182.00, 184.500, hingga 185.00 melengkapi garis-garis penanda dengan warna senada. Memasuki ruang pamer galeri itu, kita seakan dilontarkan ke sebuah masa ketika bendungan dibangun. Moelyono, 54 tahun, perupa asal Tulungagung, Jawa Timur, yang membuat karya itu, sengaja menambahkan garis-garis lurus yang membelah ruangan. Garis itu dibuat Moelyono dari benang putih, seperti penanda bagi tukang bangunan yang hendak memasang bata. Pada pertengahan garis, benang-benang yang sama digantungkan bersilangan dengan pendulum pemberat terikat di bawahnya.

TEMPO Interaktif, Yogyakarta – 31 Agustus 2011

 

8. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi di atas adalah....

a. Angka-angka penunjuk arah air dicetak dengan warna merah di atas selembar papan dan ditempelkan berurutan pada permukaan tiang.

b. Angka-angka dan huruf-huruf penunjuk ketinggian air dicetak dengan warna merah di atas selembar papan dan ditempelkan berurutan pada permukaan tiang.

c. Angka-angka penunjuk tanda aliran air dicetak dengan warna merah di atas selembar papan dan ditempelkan berurutan pada permukaan tiang.

d. Angka-angka penunjuk ketinggian air dicetak dengan warna merah di atas selembar papan dan ditempelkan berurutan pada permukaan tiang.

e. Angka-angka penunjuk kecepatan air dicetak dengan warna merah di atas selembar papan dan ditempelkan berurutan pada permukaan tiang.

 

9. Berikut ini yang merupakan paragraf naratif adalah....

a. Masjid Istiqlal, Jakarta, disesaki ribuan jama'ah yang hendak sholat Ied, Rabu (31/8/2011) pagi. Para jama'ah laki-laki dan perempuan bahkan harus berjalan perlahan untuk bisa masuk ke dalam masjid. Seluruh jama'ah harus melalui pemeriksaan petugas keamanan yang berjaga di setiap pintu masuk masjid.

b. Wayan jadi bingung. Akhirnya ia nekat. "Tapi kalau saya ke belakang, saya takut Anda ikut semua. Jadi lebih baik saya tahan saja, mudah-mudahan saja tidak kebablasan di sini di depan Anda." Para mahasiswa semakin seru ketawa. "Maaf saya tidak melucu." Beberapa mahasiswa bertepuk tangan gembira. "Lho sungguh. Sebagai orang Bali, saya tidak pintar berbicara, apalagi dalam bahasa Inggris. Terus terang,sebenarnya tak ada yang perlu saya bicarakan kepada Anda.Anda sudah tahu semuanya.

c. Jadi, saat anak perempuan Anda mulai menunjukkan perhatiannya terhadap gaya busana, waktunya Anda mengarahkan. Boleh jadi si kecil mulai melek fashion dan melalui kesukaannya ini, Anda bisa membentuk kepribadian positif yang bermanfaat untuk dirinya. Ayo kita bimbing mereka.

d. Anak-anak bisanya mudah terkena ETS. Karena saluran pernapasan anak-anak lebih kecil dan mereka bernapas lebih cepat serta memiliki area paru-paru per body lebih sempit daripada orang dewasa.Dampak bagi anak-anak lebih dari sekadar risiko kesehatan. Secara sosiologis, mereka tumbuh dalam lingkungan kebiasaan merokok dan dunia yang berasap.

e. Para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanik Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau yang dikenal dengan sebutan Indonesia Battalion (Indobatt) merayakan Lebaran sejak hari Selasa kemarin, 30 Agustus 2011. Sejak Senin petang, 29 Agustus, para prajurit TNI di Libanon sudah mengakhiri ibadah puasanya untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah.

 

10. Berikut ini yang merupakan paragraf eksposisi adalah....

a. Fashion membantu anak untuk berani tampil beda. Pilihan gaya yang diperkenalkan kepada anak sejak dini membentuk kepribadian positif. Misalnya, kepercayaan dirinya dalam berkreasi dengan busana, justru membuat anak berani tampil beda tak seragam dengan anak-anak lainnya. Kemudian, dampak pada kepribadian anak adalah anak mampu berpikir kreatif.

b. Asap kretek melenggok dari mulut menuju petromaks, membentuk gulungan hening. Abah Marta merapatkan handuk dari sergapan dingin di leher dengan gigi gemerotak. Di balik jaket berkaos tebal tersembunyi dada kering kerempeng mengatur desahan napas. Tersengal-sengal karena penyakit asma. Terengah-engah menimbulkan bunyi mirip pompa air mekanik. Mencengik. Mata keriputnya memicing, menatap Wardoyo menantunya yang tengah mempermainkan asap.

c. Di Jalan Sidakarya, kawasan Sesetan Denpasar, lebih dari 20 ekor penyu hijau tergeletak di halaman, tidak bisa bergerak karena kaki depannya terikat. Hanya kepala bergerak atau matanya menyipit. Karapas yang tadinya selalu terkena air laut nampak kering. Kadang penyu-penyu itu berhari-hari kekeringan menanti datangnya ajal di ujung pisau.

d. Di Tanjung Benoa, Bali, tempat penjagalan penyu lainnya di Pulau Bali, penyu dijagal lebih sadis. Penyu dalam keadaan hidup ketika Sanusi, 52, mengiris sambungan lunak karapas bawah dan karapas atas. Tidak terdengar suara apa pun dari sang penyu. Yang terdengar hanya bunyi mata pisau menyayat kulit lunak. Penyu sebesar hampir satu meter itu mencoba meronta walaupun itu tentu sia-sia. Kaki depannya telah diikat jadi satu. Hanya kaki belakang dan kepalanya yang bisa bergerak-gerak.

e. Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh sebab itu, hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

(1) Setiap orang dilahirkan dan di besarkan di dalam lingkungan keluarga. (2) Tak seorangpun yang tidak mengalami kehidupan di dalam keluarga. (3) Pemeliharaan dan pembinaan seseorang anak adalah perwujudan cinta kasih kepada orang tua.(4) Secara alamiah orang tua mempunyai rasa cinta kepada anak.(5) Bagaimanapun keadaannya orang tua tetap akan memelihara dengan penuh kasih sayang terhadap anaknya.

11. Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah nomor....

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Para mudiker agen kebudayaan kota ini seakan membawa virus yang dalam berbagai kesempatan senantiasa bertabrakan dengan adat istiadat di desa. Sebuah kearifan lokal yang dipelihara secara turun temurun oleh para pemangku adat kebudayaan di desa mendadak terpinggirkan akibat terpaan budaya pamer kekayaan saat ritual mudik berlangsung. Efek turunannya, dengan perlahan namun pasti, secara ideologis, para mudiker agen kebudayaan kota akan mengubah desa menjadi kota. Kearifan lokal menghilang. Lokalitas keberagaman puncak-puncak kebudayaan Indonesia pun mendekati kepunahannya. Semuanya tampak seragam. Yang diakui hebat harus berbau modern, bercita rasa kota. Sedangkan yang udik dianggap ndesa, karenanya harus digempur, diganti beraroma kota.

KR, 29-8-1011

 

12. Ide pokok paragraf di atas adalah....

a. Mudiker pamer kekayaan dan keberhasilan di desa

b. Hilangnya kearifan lokal karena kehadiran mudiker

c. Semua yang berbau udik ketinggalan zaman

d. Mudiker mengubah desa menjadi kota

e. Mudiker sebagai agen kebudayaan membawa pengaruh di desa

 

Bacalah kutipan berikut ini !

Menurutnya, ini adalah hasil perlindungan dari substitusi molekul dalam membran saraf, di mana sebagian DHA menggantikan asam arakidonat, asam lemak omega-6 yang dikenal karena mempunyai sifat inflamasi.

Kompas, 27 -8-2011

 

13. Makna kata yang dicetak miring secara berturut-turut adalah ....

a. Penggantian ,perubahan

b. Pelebaran, perusakan

c. Penggantian, pembengkakan

d. Pertukaran, perubahan

e. Pengambilan, pembelahan

 

Bacalah kutipan potongan artikel berikut ini !

Hjartäker bersama koleganya dari Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia, melalui publikasinya pada International Journal of Cancer, membuktikan bahwa mengonsumi tiga gelas atau lebih susu setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara pada wanita pramenopause. Melalui penelitian kohort the Norwegian Women and Cancer Study, mereka meneliti 48.844 wanita selama enam tahun dua bulan. Konsumsi susu diukur dengan mengirimkan formulir riwayat konsumsi pangan kepada responden. Selama kurun waktu tersebut, tim Hjartäker menemukan 317 kasus penderita kanker payudara.
Ternyata konsumsi susu sejak masa kanak-kanak berkaitan negatif dengan kejadian kanker payudara pada saat mereka berumur 34-39 tahun (pramenopause). Itu berarti bahwa mengonsumsi susu sejak masa kanak-kanak dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara. Konsumsi susu pada masa dewasa juga menurunkan risiko kanker payudara setelah dikoreksi menurut faktor hormonal, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Wanita yang tidak mengonsumsi susu menghadapi risiko terkena kanker payudara 2 kali lebih besar daripada wanita yang mengonsumsi susu 3 gelas atau lebih susu setiap hari.

 

14. Isi ringkas dari potongan artikel di atas adalah ....

a. Sejarah penelitian yang dilakukan oleh Hjartäker bersama koleganya dari Institute of Community Medicine, Universitas Tromso, Norwegia.

b. Hasil penelitian Hjartäker bersama koleganya menyatakan bahwa mengonsumi tiga gelas atau lebih susu setiap hari menurunkan risiko terkena kanker payudara

c. Mengkonsumsi susu sejak masa kanak-kanak menurunkan kejadian kanker payudara pada saat mereka berumur 34-39 tahun (pramenopause).

d. Wanita yang tidak mengonsumsi susu menghadapi risiko terkena kanker payudara daripada yang minum.

e. Hasil penelitian Hjartäker bersama koleganya menyatakan bahwa mengonsumi tiga gelas atau lebih susu setiap hari mudah terkena risiko terkena kanker payudara

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

“Kau memang tak pernah merasakan bagaimana bahagianya dapat kartu pos…”

Marwan tak lagi menggoda bila Ren sudah menjawab seperti itu. Sepanjang hidupnya, Marwan tak pernah menerima kartu pos. Bahkan, rasanya, ia pun jarang dapat surat pos yang membuatnya bahagia. Saat SMP, banyak temannya yang punya sahabat pena, yang dikenal lewat rubrik majalah. Mereka akan berteriak senang bila menerima surat balasan atau kartu pos, dan memamerkannya dengan membacanya keras-keras. Karena iri, Marwan pernah diam-diam menulis surat untuk dirinya sendiri, lantas mengeposkannya. Ia pun berusaha tampak gembira ketika surat yang dikirimkannya sendiri itu ia terima.

Kartu Pos dari Surga Agus Noor

 

15. Tema penggalan cerpen di atas adalah....

a. Kartu pos dari ayah

b. Mengirim kartu pos

c. Menulis kartu pos untuk diri

d. Kenangan mendapat kartu pos

e. Kebahagiaan mendapat kartu pos

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

Marwan hanya diam, bahkan ketika anaknya mulai mengeluarkan setumpuk kartu pos dari kotak itu. Ia mencoba menarik perhatian Beningnya dengan memutar DVD Pokoyo, kartun kesukaannya. Tapi Beningnya terus sibuk memandangi gambar-gambar kartu pos itu. Sudut kota tua. Siluet menara dengan burung-burung melintas langit jernih. Sepeda yang berjajar di tepian kanal. Pagoda kuning keemasan. Deretan kafe payung warna sepia. Dermaga dengan deretan yacht tertambat. Air mancur dan patung bocah bersayap. Gambar pada dinding goa. Bukit karang yang menjulang. Semua itu menjadi tampak lebih indah dalam kartu pos. Rasanya, ia kini mulai dapat memahami, kenapa seorang pengarang bisa begitu terobsesi pada senja dan ingin memotongnya menjadi kartu pos buat pacarnya.

Kartu Pos dari Surga Agus Noor

 

16. Karakter tokoh Beningnya pada penggalan cerpen di atas adalah....

a. pengalih suasana

b. perusak barang

c. perhatian pada orang lain

d. teguh pendirian

e. tak acuh

 

17. Alur/plot penggalan cerpen di atas (nomor 16) adalah....

a. maju

b. mundur

c. capuran

d. regresiif

e. flashback

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

Air matanya begitu indah: mengalir berbulir-bulir penuh cahaya serupa permata. Aku ingin memunguti dan menguntainya menjadi kalung dan mengenakan di leher jenjang perempuan itu. Siapa tahu, kalung air mata itu dapat sedikit menghiburnya? Tapi niatku yang baru saja kuhunus itu pupus. Ia tiba-tiba menatapku sambil mengucap lirih, “Kamu masih mendengar tangisku?”

Sonya Rury oleh Indra Tranggono

 

18. Sudut pandang pada penggalan cerpen di atas adalah....

a. orang pertama

b. orang kedua

c. orang ketiga

d. orang ketiga serba tahu

e. orang ketiga terbatas

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

Siang itu, setelah rapat di kantor, sekretarisku memberi tahu ada seorang laki-laki yang mencariku. Katanya, laki-laki itu sekarang tertahan di pos keamanan. Aku menyuruh ajudanku untuk melihatnya. Tiga menit kemudian, ajudanku menghadapku dan bilang, laki-laki itu mengaku bernama Gardaz dan mengaku kawan lamaku. Dengan perasaan bahagia, kusuruh ajudanku menjemputnya.

Pesan Pendek dari Sahabat Lama oleh Agus Noor

 

19. Latar waktu pada penggalan cerpen di atas adalah pada....

a. sore

b. petang

c. malam

d. pagi

e. siang

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

Aku telah kehilangan dia mungkin sekitar 30 tahun, sejak kerusuhan di Ibu Kota itu meletus dan nyawa-nyawa membubung bagai gelembung- gelembung busa sabun: pecah di udara, lalu tiada.

Waktu itu, di tengah kepungan panser yang siap menggilas siapa saja, doaku sangat sederhana: semoga Tuhan belum berkenan memanggilnya. Dia terlalu muda dan berharga untuk binasa, apalagi dengan cara yang mengenaskan. Aku ingin melanjutkan doa yang terlalu singkat itu, namun mendadak senapan-senapan menyalak dan tubuh-tubuh tumbang, menambah jumlah mayat yang terserak-serak.

Pesan Pendek dari Sahabat Lama oleh Agus Noor

 

20. Latar tempat pada penggalan cerpen di atas adalah di....

a. Medan perang

b. Ibu kota

c. Medan bermain

d. Latihan perang

e. Kota

 

21. Suasana dalam penggalan cerpen di atas (20) adalah....

a. tenang

b. gembira

c. cemas

d. duka

e. sedih

 

Bacalah kutipan penggalan cerpen berikut ini !

”Kenapa ada penginapan di kota sesunyi ini?” kataku. Si penjaga lelah itu bilang, masih ada desa-desa dan kampung-kampung di pegunungan. Nun, sehingga sesekali ada yang kemalaman, tidak mungkin meneruskan perjalanan pulang, atau ketinggalan angkutan penghabisan ke Maja, dan ia terpaksa menginap. ”Bisnis yang sepi,” kataku, ”Tidak setiap hari ada tamu,” kataku.

Si penjaga mengangguk. Bilang, bisnis hotel ini merupakan cara halus menjaga tali silaturahmi. ”Meski tidak setiap hari ada tamu,” katanya, menguman. Ya! Dan di menjelang jam 22.00 yang senyap itu, semalam di dalam bingung—sewa kamar harus dibayar di muka—saat tahu tak ada kios ATM untuk ambil uang: si lelaki penjaga itu bilang ada kantor pos di kompleks kecamatan. Ke mana sesungguhnya sekarang aku menuju. Untuk memulihkan persediaan dana setelah hanya cukup untuk sarapan dan ongkos balik ke Maja. Nanti setelah dzuhur.

Rumi, oleh Beni Setia

 

22. Anamat yang paling tepat berdasarkan penggalan cerpen di atas adalah....

a. Menolong adalah perbuatan baik.

b. Bersopan-santunlah pada setiap orang.

c. Berusahalah sambil berbuat amal kebajikan.

d. Setialah pada pekerjaan pasti Allah memberi rizki.

e. Bertanyalah bila mengalami kesulitan.

 

Perhatikan identitas berikut ini.

1. Nama : DR. Rohmani, ST

2. TTL : 9-9-1965

3. Alamat : Tempel, CT, Depok, Sleman

4. Pekerjaan : Dosen di UGM

5. Prestasi : - dosen teladan, juara 1 rancang bangun, juara karya tulis penelitian

nasional, dan lain-lain.

6. Bank : BRI Cabang Jogyakarta, nomor rek....

 

23. Sebagian hal berikut yang tidak perlu disampaikan dalam forum resmi untuk memperkenalkan diri adalah nomor ....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 4 dan 5

e. 5 dan 6

 

Perhatikan identitas berikut ini.

1. Nama : DR. Azizah, M.Eng.

2. TTL : 9-9-1967

3. Alamat : Tempel, CT, Depok, Sleman

4. Pekerjaan : Dosen di UGM

5. Prestasi : - dosen teladan, juara 1 rancang bangun, juara karya tulis

penelitian nasional, dan lain-lain.

6. PIN ATM : az 234

7. Hobi : travelling

8. Sampingan : konsultan di berbagai perusahaan kontruksi

 

24. Sebagian hal berikut yang tidak perlu disampaikan dalam forum resmi untuk memperkenalkan orang lain adalah nomor ....

a. 2 dan 4

b. 3 dan 7

c. 5 dan 8

d. 6 dan 8

e. 7 dan 4

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Varises terjadi karena adanya pelebaran dan kurangnya keelastisan pada pembuluh darah balik atau pembuluh darah vena yang berfungsi membawa darah yang kotor dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pelebaran pembuluh darah ini biasanya disebabkan oleh adanya kelainan pada katup jantung sehingga darah tidak dapat mengalir ke jantung dan akibatnya terkumpul pada pembuluh darah dan membentuk tonjolan.

Dari Kumpulan info

 

25. Masalah yang dibahas dalam potongan artikel di atas adalah....

a. Hal yang menyebabkan varises.

b. Pelebaran pembuluh darah.

c. Kelainan katup jantung.

d. Pembentukan tonjolan aliran darah.

e. Kekurangnya keelastisan pada pembuluh darah balik atau pembuluh darah vena.

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Makanan siap saji seperti nugget, bakso, sosis atau makanan kaleng olahan merupakan makanan yang dapat memicu stres karena pada makanan ini banyak mengandung garam dan lemak. Karbohidrat sederhana seperti roti atau mie dan lemak trans juga merupakan makanan penyebab stres. Selain makanan, pilihan minuman yang dipilih juga dapat menyebabkan stres. Minuman keras dan beralkohol, kopi, serta minuman dengan kadar kafein tinggi tidak baik untuk mood Anda. Kurangi minum minuman tersebut agar tidak memicu stres Anda.

Dari Kumpulan info

 

26. Tanggapan positif berdasarkan potongan artikel di atas adalah....

a. Sebaiknya kita hindari mengonsumsi makanan dan minuman penyebab stres.

b. Tidak pantang makanan dan minuman asal rasanya enak.

c. Semua jenis makanan dan minuman diciptakan Tuhan untuk makluk-Nya.

d. Tenang saja, yang belum stres tidak perlu berpantang mengkonsumsi makanan dan minuman.

e. Ternyata semua makanan dan minuman yang mahal-mahal penyebab stres.

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Gunung Kidul kekeringan. Inilah masalah setiap tahun yang selalu dihadapi warga masyarakat Gunung Kidul. Warga berupaya mendapatkan air dengan cara menimba air dari galian tanah di waduk Ndondong kawasan Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (30/8). Selama tiga bulan hujan tidak turun mengakibatkan warga kesulitan air.

TEMPO/Tony Hartawan

 

27. Berdasarkan hal di atas saran yang paling tepat bagi warga Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul adalah....

a. Setiap dusun sebaiknya membuat satu sumur.

b. Setiap keluarga membuat satu bak penampungan hujan, sewaktu-waktu air dapat digunakan.

c. Transmigrasi merupakan piihan tepat untuk waktu jangka panjang.

d. Warga lain daerah dapat memberi bantuan air pada mereka.

e. Penduduk harus berhemat dalam menggunakan air.

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Selain itu, fenomena tawuran antarwarga, antarmahasiswa, dan antaretnis, juga sangat memerlukan pilar karakter tolerance, respect, dan equality.

28. Berturut-turut makna kata yang dicetak miring adalah....

a. patuh, hormat, dan persamaan

b. toleransi, sayang, dan persamaan

c. toleransi, hormat, dan persaudaraan

d. toleransi, rasa hormat, dan persamaan

e. toleransi, taat, dan persamaan

 

Bacalah kutipan paragraf berikut ini !

Ajaran kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara yang sangat poluler di kalangan masyarakat adalah Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang pada intinya bahwa seorang pemimpin harus memiliki ketiga sifat tersebut agar dapat menjadi panutan bagi orang lain.

29. Secara berturut-turut makna kelompok kata yang dicetak miring adalah ....

a. Di depan memberi teladan, di tengah membangkitkan dorongan, mengikuti dari belakang memberi niat

b. Di tengah membangkitkan niat, mengikuti dari belakang memberi dorongan, di depan memberi teladan

c. Mengikuti dari belakang memberi dorongan, di depan memberi teladan, di tengah membangkitkan niat

d. Di depan memberi teladan, mengikuti dari belakang memberi dorongan, di tengah membangkitkan niat

e. Di depan memberi teladan, di tengah membangkitkan niat, mengikuti dari belakang memberi dorongan

 

30. Kalimat topik berikut ini yang dapat dikembangkan menjadi paragraf eksposisi adalah....

a. Lebaran di rumah nenek

b. Cara aman berlebaran

c. Ayo bantu orang yang memerlukannya

d. Pemandangan jalan macet

e. Kisah sepotong roti

 

31. Berikut ini yang merupakan paragraf eksposisi adalah....

a. Pendidikan karakter semestinya adalah sebuah paradigma, bukan mata pelajaran untuk diajarkan kepada anak. Membangun karakter tak bisa mengandalkan mata pelajaran karakter, muatan pelajaran karakter, apalagi sekadar penataran 100 jam ala Penataran P-4. Sebagai pelajaran, sangat mungkin puluhan bahkan ratusan item karakter yang baik dapat dihafal anak. Namun sikap hidup dan watak yang hendak dibangun tetap berada di dunia lain, jauh dari kehidupan anak. Dalam hal ini, karakter menjadi hasil untung-untungan, bukan upaya pendidikan secara sengaja (by-design).

b. Ibu terkulai di kursi seperti orang mati. Pintu, jendela, televisi, telepon, perabotan, buku, cangkir teh, dan lain-lain masih seperti dulu—tetapi waktu telah berlalu sepuluh tahun. Tinggal Ibu kini di ruang keluarga itu, masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu. Telepon berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika disambarnya pula, deringnya sudah berhenti. Ibu bergumam.

c. Kemacetan cukup panjang terjadi di jalur selatan yang menghubungkan Jawa Tengah dengan sejumlah daerah di Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Antrean kendaraan terjadi hampir di seluruh ruas jalan mulai dari Brebes hingga Purworejo, Jumat, 2 September 2011.
Kemacetan paling parah terjadi di Pasar Gombong Kebumen. Pemudik yang ingin kembali terjebak kemacetan sepanjang lima kilometer. Begitu juga di persimpangan Buntu Banyumas, antrean kendaraan juga terlihat hingga tujuh kilometer. 

d. Bersama dengan datangnya pagi maka air laut di tepi pantai itu segera menjadi hijau. Hayati yang biasa memikul air sejak subuh, sambil menuruni tebing bisa melihat bebatuan di dasar pantai yang tampak kabur di bawah permukaan air laut yang hijau itu. Cahaya keemasan matahari pagi menyapu pantai, membuat pasir yang basah berkilat keemasan setiap kali lidah ombak kembali surut ke laut. Onggokan batu karang yang kadang-kadang menyerupai perahu tetap teronggok sejak semalam, sejak bertahun, sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Bukankah memang perlu waktu jutaan tahun bagi angin untuk membentuk dinding karang menjadi onggokan batu yang mirip dengan sebuah perahu.

e. Mudah-mudahan para pemimpin informal termasuk di lingkungan organisasi keagamaan tidak mengalami atau terjangkiti penyakit serupa. Benar-benar menjadi pemimpin umat, yang berkhidmat untuk orang banyak, serta menunjukkan konsistensi antara kata dan tindakan. Bukan sekadar bicara dan ceramah, tetapi juga membimbing, menuntun, mengarahkan, mengatur, dan mencerahkan umat atau rakyat dengan ketulusan, keteladanan, dan kebaikan yang dirasakan. Sebab, manakala penyakit inkonsistensi itu juga mewabah di tubuh para pemimpin umat/masyarakat maka semakin lengkaplah krisis kepemimpinan di negeri tercinta ini. Sementara apabila penyakit batin sudah menjalar di lingkungan para pemimpin, maka tunggulah kehancuran suatu bangsa. Semoga nurani yang jernih (autentik) masih bersemi kokoh di lubuk hati terdalam para pemimpin.

 

32. Kalimat topik berikut ini yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif adalah....

a. Beternak ayam buras

b. Sehat berinternet

c. Berlayar menuju Bali

d. Terjebak kemacetan

e. Berbaktilah kepada orang tua

 

33. Berikut ini yang merupakan paragraf narasi adalah....

a. Karena tidak pernah betul-betul mengamati, aku hanya melihat gerobak-gerobak itu selintas pintas, ketika sedang berjalan merayapi berbagai sudut kota. Dari mana dan mau ke mana? Aku tidak pernah berada di batas kota dan melihat gerobak-gerobak itu masuk kota. Mereka seperti tiba-tiba saja sudah berada di dalam kota, kadang terlihat berhenti di berbagai tanah lapang, memasang tenda plastik, menggelar tikar, dan tidur-tiduran dengan santai. Tidak ketinggalan menanak air dengan kayu bakar dan masak seperlunya. Apabila tanah lapang sudah penuh, mereka menginap di kaki lima, dengan plastik menutup gerobak dan mereka tidur di dalamnya. Tidak jarang mereka memasang juga tenda di depan rumah-rumah gedung bertingkat. Salah satu dari gerobak itu berhenti pula di depan rumah gedung kakekku.

b. Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku sudah menerima permintaan maaf Nazaruddin. Namun Anas tak akan menghentikan proses hukum yang tengah berjalan. Pernyataan itu disampaikan Anas saat bersilaturahim di kampung halamannya di Desa Ngaglik, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis sore, 1 Sepember 2011. Hari ini, Jumat siang 2 September 2011, Anas berencana menggelar open house di rumah orang tuanya untuk bersilaturahmi dengan kerabatnya. 

c. Dari pantauan dan informasi yang dihimpun Tempo, buntut kemacetan di Leles kemarin mengular hingga puluhan kilometer melampaui jalur Nagreg lama dan Jalan Bypass Cicalengka. Ekor kemacetan sempat hampir mencapai pintu jalur alternatif Parakan Muncang-Kabupaten Sumedang, sekitar 21 kilometer dari Leles.

d. Kesejahteraan masyarakat hingga kini belum terwujud, karena program pemerintah tidak dapat terealisir sepenuhnya. Muhammadiyah harus mengkritisi kegagalan program pemerintah tersebut. Caranya dengan mewujudkan program Muhammadiyah yang riil dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Muhammadiyah sebagai ormas, harus memiliki program yang pro rakyat. Kita tidak cukup hanya berdakwah amar ma’ruf nahi munkar saja, tapi juga harus mampu merealisasikan program dari Muhammadiyah sendiri untuk mewujudkan kesejahteraan yang pro rakyat. Selain itu, Muhammadiyah juga harus mampu memberikan pendampingan secara nyata.

e. Beban listrik yang turun hingga lebih dari separuh secara seketika dikhawatirkan oleh PLN dapat membuat pembangkit listrik terkejut dan berakibat pembangkit tidak dapat beroperasi. Oleh karenanya, mulai sepekan ini, PLN secara bertahap menurunkan beban dengan mengistirahatkan pembangkit secara merata.

 

Perhatikan puisi lama berikut ini !

Barang siapa tidak sembahyang

Ibarat rumah tiada bertiang

Siapa yang tidak bersekolah

Seperti berlayar tanpa arah

34. Larik-larik yang berupa majas adalah larik ke ....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 1 dan 4

e. 2 dan 4

 

Perhatikan puisi baru berikut ini !

SEPANJANG JALUR HITAM oleh Bambang Sugeng
sepanjang jalur hitam
ada penyesalan diri
entah terpaksa atau dipaksa
oleh keadaan
kini tinggal sepercik pengharapan
untuk bertaubat kepada-Nya
belumlah terlambat
(sepanjang jalur hitam
tidak seluruhnya hitam).

35. Makna atau maksud kata ‘hitam’ dalam puisi di atas adalah ....

a. jenis warna

b. maksiat

c. lambang kematian

d. lambang duka

e. tanda akan hujan

 

Perhatikan puisi lama berikut ini !

Anakanda jauhkan kelakuan ini,

Sebab kebencian Tuhan Rahmani,

Jiwa dibawa ke sana ke sini,

Tiada laku suatu dewani

Raja Ali Haji

36. Makna kata yang dicetak miring yang paling tepat adalah ....

a. kelompok dewa

b. menjadi dewa

c. badan musyawarah

d. mewakili tuhan

e. tawar-menawar

 

Perhatikan puisi baru berikut ini !

KERENDAHAN HATI

Kalau engkau tak mampu menjadi beringin
yang tegak di puncak bukit
Jadilah belukar, tetapi belukar yang baik,
yang tumbuh di tepi danau

Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar,
Jadilah saja rumput, tetapi rumput yang
memperkuat tanggul pinggiran jalan

Taufik Ismail

37. Makna atau maksud kata ‘beringin’ dalam puisi di atas adalah ....

a. Nama pohon

b. Orang besar/penguasa

c. Lambang partai tertentu

d. Lambang dalam sila Pancasila

e. Pohon yang hidup di hutan

 

38. Berikut ini yang merupakan puisi lama adalah ....

a. Kayu cendana diatas batu
Sudah diikat dibawa pulang
Adat dunia memang begitu
Benda yang buruk memang terbuang 

b. pada suatu hari nanti
jasadku tak akan ada lagi
tapi dalam bait-bait sajak ini
kau takkan kurelakan sendiri

c. langit di kaca jendela bergoyang
terarah ke mana wajah di kaca jendela
yang dahulu juga
mengecil dalam pesona

d. Tiga juta hektar
Halaman surat kabar
Telah dirayapi api
Terbit pagi ini

e. Bersandar pada tari warna pelangi
Kau depanku bertudung sutra senja
Di hitam matamu kembang mawar dan melati
Harum rambutmu mengalun bergelut senda 

 

39. Berikut ini yang merupakan syair adalah ....

a. Pabila banyak mencela orang

Itulah tanda dirinya kurang

Dengan ibu hendaknya hormat

Supaya badan dapat selamat

b. Kalau anak pergi ke pekan

Yu beli belanak beli

Ikan panjang beli dahulu

Kalau anak pergi berjalan

Ibu cari sanakpun cari

Induk semang cari dahulu

c. La ilaha illallahu itu jangan kaulalaikan,

siang dan malam jangan kau sunyikan,

selama hidup juga engkau pakaikan,

Allah dan rasul juga yang menyampaikan.

d. Raja muafakat dengan menteri,
seperti kebun berpagarkan duri.
Betul hati kepada raja,
tanda jadi sebarang kerja.

e. Hukum adil atas rakyat,
tanda raja beroleh anayat.
Kasihan orang yang berilmu,
tanda rahmat atas dirimu. 

 

40. Berikut ini yang merupakan gurindam adalah ....

a. Selasih di rimba Jambi
Rotan ditarik orang pauh
Putus akarnya di jerami
Kasih pun baru dimulai
Tuan bawa berjalan jauh
Itu menghina hati kami.

b. Tapi malam kemarau belah teriakan siamang bertalu-talu*)
Menopan ke jantung penghuni mengentali deru
Musim hujan datang! Musim hujan datang!

c. Bersandar pada tari warna pelangi
Kau depanku bertudung sutra senja
Di hitam matamu kembang mawar dan melati
Harum rambutmu mengalun bergelut senda 

d. Dahulu parang sekarang besi

Dahulu sayang sekarang benci

e. Barang siapa mengenal diri

Maka telah mengenal Tuhan yang bahri

 

II. Soal Uraian

Jawablah pertanyaan berikut secara jelas!

41. Buatlah pantun dengan menggunakan dua kata kunci berikut ini.

delapan, tujuh !

 

42. Buatlah syair dengan menggunakan dua kata kunci berikut ini.

budiman, pedoman !

 

43. Buatlah gurindam dengan menggunakan dua kata kunci berikut ini.

hormat, sesat !

 

44. Bacalah penggalan cerpen berikut.

Tetapi tekadku telah kuat, meskipun hanya dalam pikiran, hari ini… ya hari ini aku harus menemui Siti Maryam.Kusir delman konyol ini memang harus membuka kembali cerita konyolnya.Dan Aku yakin, sesuai obrolan kami di delman tempo hari, Siti Maryam adalah perempuan terbuka, tidak seperti ayahnya Raden Atmadja. Aku harus mengoyak keadaan yang tidak mendukung keberadaan orang kecil seperti si kusir delman ini, sebab… apa yang ada disekitarku akan mendukung keinginanku, semua akan bekerja sama agar niatku terwujud. Ya, aku begitu yakin…

Horison Online 4-8-2011 “Kusir Delman oleh Warsa Suwarsa”

a. Tulislah tokoh-tokoh dan perwatakan yang ada dalam penggalan cerpen di atas?

b. Tulislah cara pengarang memunculkan / melukiskan karakter dalam penggalan cerpen di atas!

 

45. Bacalah penggalan cerpen berikut !

Maemunah anak sulungnya telah menikah dengan tentara Belanda. Dia merestui pernikahan itu, sebagai konsekwensinya, tentara Belanda harus mengikuti cara dan adat menikah waktu  itu. Van Maart sempat mendatangi Raden Atmadja, agar perkawinan dilakukan dengan cara dan adat masing-masing. Tidak perlu lah si Hans itu baca syahadat segala ketika akad, dan tidak perlu lah dilakukan di Mesjid Agung, di rumah Raden Atmadja pun banyak ruangan luas dan kosong yang bisa dijadikan tempat akad.Tapi Raden Atmadja meminta kesadaran si Hans dan Van Maart agar memahami, bahwa pernikahan dilakukan bukan di Negara Belanda, melainkan di Hindia Belanda, maka, orang-orang Belanda wajiblah menuruti adat setempat meskipun mereka menjadi orang penting yang mengendalikan pemerintahan.Dan itu terserah pada diri si Hans, mau atau tidaknya memenuhi syarat itu.Si Hans pada akhirnya menyanggupi, dan membaca syahadat di akad perkawinannya dengan Maemunah.

Horison Online 4-8-2011 “Kusir Delman oleh Warsa Suwarsa

Tulislah kaitan isi penggalan cerpen dengan kehidupan sehari-hari, jelaskan !

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Terkini

peluang usaha
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ruang Belajar Bersama - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger