1. Pekan olah raga pelajar tahun 2009 baru saja berlangsung di kota Yogyakarta, dengan penuh semangat kontingen dari masing-masing propinsi berusaha mengumpulkan trophy kejuaraan dari berbagai cabang olah raga. Bentuk interaksi diantara anggota kontingen ketika sedang bertanding adalah... .
A. oposisi
B. dissosiasi
C. kontravensi
D. kompetisi
E. Akomodasi
2. Bencana alam yang terjadi di Padang beberapa waktu lalu telah menggugah berbagai elemen masyarakat untuk memberikan bantuan. Tindakan masyarakat terhadap para korban gempa tersebut di dorong oleh faktor... .
A. imitasi
B. empati
C. simpati
D. motivasi
E. identifikasi
3. Para siswa sering mengikuti olah raga dengan penuh semangat,mereka menyadari bahwa olah raga berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Nilai sosial yang mendasari perilaku tersebut adalah nilai .... .
A. vital
B. material
C. kerohanian
D. keindahan
E. kebenaran
4. Ketika individu mempelajari peran, nilai dan norma sosial sehingga dapat berpartisipasi dan menyesuaikan diri dengan kelompok masyarakatnya, maka individu tersebut mengalami proses .....
A. asimilasi
B. difusi
C. sosialisasi
D. enkulturasi
E. internalisasi
5. Faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian dantaranya adalah proses sosialisasi di lingkungan keluarga. Bentuk sosialisasi yang dilakukan orang tua dengan cara selalu menghukum anak karena kesalahannya merupakan bentuk sosialisasi... .
A. Primer
B. sekunder
C. partisipatoris
D. represif
E. informal
6. Media sosialisasi yang berperan memberikan pengetahuan, keterampilan dan membentuk kepribadian mandiri sesuai dengan nilai dan norma masyarakat adalah... .
A. keluarga
B. sekolah
C. media massa
D. tempat kerja
E. teman sebaya
7. Dalam keluarga modern dikota-kota besar kedua orang tua kebanyakan sibuk bekerja dan anak-anak dalam keseharian lebih banyak bersama pembantu rumah tangga atau teman-temannya ,sehingga dalam kondisi tersebut anak sering tidak memahami nilai dan norma sosial bahkan melakukan tindakan –tindakan yang bertentangan dengan nilai dan norma. Tindakan penyimpangan yang dilakukan anak tersebut disebabkan oleh ....
A. pergaulan yang salah
B. demoralisasi keluarga
C. sosialisasi tidak sempurna
D. rendahnya kesadaran diri
E. meninggalkan tujuan budaya.
8. Sejak remaja Kusno meninggalkan daerah asalnya yang tandus hijrah ke kota bertempat tinggal di pemukiman kumuh bersama sekumpulan orang yang telah menyimpang. Melalui proses alih budaya dan mempelajari sub kebudayaan menyimpang Kusno telah berubah menjadi seorang penyimpang (deviant), faktor penyebab penyimpangan tersebut sesuai dengan teori... .
A. Fungsi
B. Anomie
C. Konflik
D. Labelling
E. Pergaulan Berbeda
9. Seorang siswa yang dicap sebagai pembolos oleh guru dan teman –temannya justru akan dapat melakukan penyimpangan terhadap disiplin di sekolahnya, Hal demikian disebabkan oleh ....
A. transfer budaya yang menyimpang
B. kondisi masyarakat yang tidak ideal
C. adanya kelompok penekan yang kuat
D. kelompok sosial yang toleran terhadap pelaku
E. adanya proses labelling terhadap pelaku.
10. Setelah upacara bendera di SMA Berdikari dilaksanakan penyuluhan tentang bahaya narkoba yang diselenggarakan oleh kepolisian bekerjasama dengan lembaga sosial yang bergerak dibidang pencegahan penyebaran HIV / AIDS . Kegiatan tersebut termasuk pengendalian sosial yang bersifat .....
A. koersif
B. preventif
C. represif
D. persuasif
E. kuratif
11. Lembaga atau pranata sosial yang terdapat di masyarakat tradisional memiliki aturan untuk mengatur tata tertib atau tingkah laku anggota masyarakatnya. Yang melanggar diberikan hukuman, misal dikucilkan dari lingkungan masyarakatnya. Lembaga pengendalian sosial tersebut adalah... .
A. tokoh masyarakat
B. pengadilan
C. polisi
D. adat istiadat
E. pemerintah
12. Di beberapa kota besar Indonesia terdapat kampung Pecinan, Arab, Jawa dan kampung Melayu yang umumnya dihuni para pedagang. Fenomena tersebut kategori diferensiasi sosial berdasar ....
A. asal daerah
B. pekerjaan
C. profesi
D. bahasa
E. ras
13. Pada masyarakat tradisional Jawa terdapat pelapisan sosial seperti pada gambar berikut:
Tuan Tanah Dasar yang digunakan dalam pelapisan
Petani sosial sesuai gambar disamping adalah... .
A. keturunan
B. kekuasaan
C. kekayaan
D. pendidikan
E. kehormatan
14. Perhatikan gejala sosial berikut !
1) Konflik antara Palestina dengan Israel
2) Konflik antar etnis di Papua
3) Gerakan reformasi tahun 1998.
4) Perbedaan pendapat dalam diskusi tentang kesetaraan gender.
Dari konflik tersebut yang merupakan konflik disktruktif dan konflik konstruktif ditunjukkan nomor..
A. 1), 2) dan 3), 4)
B. 1), 3) dan 2), 4)
C. 2), 3), dan 1), 4)
D. 2), 4) dan 1), 3)
E. 3), 4 dan 1) , 2).
15. Konflik yang terjadi antara tenaga kerja Indonesia ( TKI ) di Hongkong dengan majikannya disebabkan pemberian upah tidak sesuai peraturan, fakta tersebut merupakan konflik ....
A. rasial
B. horisontal
C. peranan
D. kelas sosial
E. Internasional
16. Perhatikan usaha-usaha pengendalian konflik berikut!
1) Melibatkan pihak ke tiga yang statusnya sederajat
2) pemikiran, nasehat pihak ketiga merupakan putusan yang tidak mengikat
3) melibatkan pihak ke tiga yang statusnya lebih tinggi
4) pemikiran, nasehat pihak ke tiga merupakan keputusan yang mengikat
Diantara usaha-usaha tersebut yang merupakan pengendalian konflik melalui mediasi dan arbitrasi adalah ....
A. 1), 2) dan 3), 4)
B. 1), 3) dan 2), 4)
C. 2), 3) dan 1), 4)
D. 2), 4) dan 1), 3)
E. 3), 4) dan 1), 2)
17. Sebagai masyarakat majemuk Indonesia memiliki struktur yang unik dan khas baik secara horisontal maupun vertikal, pernyataan dibawah ini yang merupakan kemajemukan secara vertikal dalam masyarakat adalah ….
A. ras
B. agama
C. suku bangsa
D. antarlapisan
E. gender
18. Perhatikan gambar berikut !.
Yang terjadi pada gambar diatas adalah interseksi antar ....
A. Suku
B. Klan
C. agama
D. Budaya
E. Marga
19. Budi baru saja lulus S1 dan diwisuda dari perguruan tingginya. Karena indeks prestasi yang bagus diangkat menjadi dosen diperguruan tinggi tersebut, karena melakukan kesalahan adminstrasi ia dipensiun dini, hal tersebut terjadi mobilitas sosial.....
A. sinking
B. climbing
C. change
D. circulation
E. elevator
20. Ibu Murni pada awalnya mengelola kantin sekolah. dengan dukungan suami dan berkat kepandaiannya memasak berhasil memiliki perusahaan katering “Murni” yang sudah banyak pelanggannya. Saluran mobilitas yang digunakan ibu Murni adalah... .
A. perkawinan
B. institusi sosial
C. institusi pendidikan
D. institusi keahlian
E. institusi ekonomi
21. Masyarakat Indonesia yang multikultural ditandai dengan bermacam aktifitas ekonomi masyarakat seperti pertanian, peladang, peternak. Faktor penyebab terjadinya kemajemukan itu adalah ....
A. kondisi iklim
B. letak geografis
C. laju pembangunan
D. pengaruh jaman penjajahan
E. pengaruh kebudayaan asing
22. Kondisi geografis wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menyebabkan terisolirnya sebagian penduduk yang tinggal di pulau tersebut. Kondisi ini dapat menyebabkan keanekaragaman .....
A. mata pencaharian
B. agama
C. suku bangsa
D. kesenian
E. pola perilaku
23. Dalam masyarakat multikultural terdapat individu yang memiliki pemikiran untuk selalu mengutamakan kepentingan kelompok sendiri, fakta tersebut menunjukkan adanya sikap ....
A. primordialisme
B. ethnosentrisme
C. sekularisme
D. hedonisme
E. fanatisme
24. Perhatikan perilaku individu atau kelompok masyarakat.
(1) Para pemuka agama di Yogyakarta membentuk forum kerukunan umat beragama
(2) Di Indonesia terdapat partai politik yang berbasis agama tertentu
(3) Eko yang tinggal di Jakarta membatasi pergaulannya dengan orang-orang yang sedaerah asal .
(4) Penghuni asrama mahasiswa Sumatera Utara di Yogyakarta dapat membaur dengan masyarakat sekitarnya.
Perilaku primordialisme dalam kasus diatas adalah nomor ....
A. ( 1 ) dan ( 2 )
B. ( 1 ) dan ( 3 )
C. ( 2 ) dan ( 3 )
D. ( 2 ) dan ( 4 )
E. ( 3 ) dan ( 4 ).
25. Program keluarga berencana yang dilaksanakan pemerintah sejak pelita pertama mampu mengurangi tingkat populasi penduduk dan menyadarkan masyarakat untuk membentuk keluarga kecil bahagia sejahtera, menurut arah perubahan fakta tersebut merupakan perubahan ....
A. progres
B. regres
C. dikehendaki
D. tidak dikehendaki
E. tidak di rencanakan
26. Perbedaan antara perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak direncanakan adalah .....
Perubahan yang direncanakan | Perubahan yang tidak direncanakan |
A. Perubahan secara revolusi B. berpengaruh terhadap masyarakat dan lembaga C. perubahan yang sangat mendasar D. diperkirakan oleh pihak-pihak yang mengadakan perubahan a. e. Pe E. perubahan dengan modernisasi dalam berbagai aspek | perubahan secara revolusi tidak berpengaruh bagi masyarakat perubahan tidak mendasar diluar jangkauan pengawasan dan kemampuan masyarakat. perubahan sesuai dengan pola pikir dan keinginan masyarakat. |
27. Fonomena sosial berikut yang merupakan perubahan dalam bidang ekonomi adalah ....
A. kecenderungan dikalangan remaja lebih menyukai steak dan hamburger
B. penggunaan hand phone dikalangan remaja.
C. makin banyak pelaku usaha sebagai anggota legislatif
D. penggunaan ATM sebagai gaya hidup modern.
E. keberhasilan usaha pemberdayaan perempaun pada sektor industri domesti
28. Pengaruh perubahan sosial dapat berupa modernisasi dan westernisasi ,yang membedakan diantara keduanya adalah .....
A. kesenian
B. bahasa
C. pola perilaku
D. organisasi
E. ilmu pengetahuan
29. Dampak modernisasi yang merubah pandangan dan anggapan sebagian masyarakat bahwa kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup yang disebut ....
A. sekularisme
B. konsumerisme
C. sosialisme
D. kapitalisme
E. hedonisme
30. Perhatikan dampak globalisasi berikut ini !.
(1) Menumbuhkan perilaku kompetitip
(2) Keberadaan pasar tradisional termarginalkan
(3) Adanya gerakan untuk menyerukan keadilan internasional
(4) Gejala konsumerisme dikalangan masyarakat .
Dampak positif dan negatif globalisasi ditunjukkan pada nomor .....
A. (1), ( 2) dan (3), (4)
B. (1), (3) dan (2), (4)
C. (2), (3) dan (1), (4)
D. (2), (4) dan (1), (3)
E. (3), (4) dan (1), (2)
31. Untuk kepentingan bersama dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat perlu adanya lembaga sosial, pengertian lembaga sosial adalah ....
A. suatu badan atau institusi sosial yang hidup dan berkembang dimasyarakat
B. suatu organisasi yang dibentuk dengan sengaja untuk memenuhi kebutuhan hidup
C. merupakan sekelompok orang yang teratur dan terorganisasi dalam kebidupan bermasyarakat.
D. Merupakan perkumpulan dengan sendirinya dan dibentuk dengan sengaja dalam rangka menarik tujuan bersama
E. seperangkat norma yang dapat dibentuk, diubah dan dipertahankan sesuai dengan kebutuhan hidup
32. Salah satu fungsi dari lembaga keluarga adalah memberi kasih sayang antar anggota keluarga, berarti lembaga keluarga mempunyai fungsi.....
A. afeksi
B. proteksi
C. sosialisasi
D. reproduksi
E. kontrol sosial
33. Setiap lembaga diharapkan dapat memenuhi fungsi manifes, namun tidak jarang pula diikuti munculnya fungsi laten di dalam lembaga tersebut. Tertulis dibawah ini yang merupakan fungsi laten dari lembaga ekonomi adalah ....
A. mempertahankan kelas sosial
B. meningkatkan efisien dan produktifitas
C. merubah pola penggunaan waktu
D. membantu orang untuk sanggup mencari nafkah
E. peningkatan kemakmuran masyarakat
34. Pelaksanaan lembaga pendidikan mengandung fungsi manifes dan fungsi laten , dibawah ini yang merupakan kedua fungsi tersebut adalah ..........
A. melestarikan kebudayaan dan mempercepat masa kedewaaan
B. menolong pengembangan potensi diri dan merangsang partisipasi demokratis
C. meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dan menciptakan warga negara yang patriotik
D. menunjang integrasi antar ras dan membentuk kepribadian .
E. membantu orang untuk sanggup mencari nafkah dan penguluran masa kedewasaan
35. Dari pengelolaan kegiatan kemasyarakatan sampai kegiatan kenegaraan selalu berhubungan dengan politik, adapun fungsi lembaga politik adalah ....
A. mengusahakan kesejahteraan umum.
B. membentuk kepribadian generasi muda.
C. mengatur penggunaan tenaga kerja
D. mengatur cara pemberian santunan
E. memberi pedoman pemutusan hubungan kerja.
36. Dalam kehidupan beragama akan muncul fungsi manifes maupun fungsi laten. Tertulis dibawah ini yang merupakan fungsi laten lembaga agama adalah .....
A. membagi masyarakat kedalam golongan dan kelas sosial
B. memberi potensi konflik yang bersifat sentrifugal
C. menentukan doktrin ajaran agama
D. pelaksanaan ritual umat beragama
E. alat perlengkapan ritual berupa masjid, gereja, pure dan wihara .
37. Siswa SMA yang akan melakukan penelitian sosial perlu mengetahui langkah –langkah yang harus dipersiapkan, langkah pertama dalam melaksanakan penelitian adalah ....
A. merumuskan asumsi/anggapan dasar
B. studi pendahuluan
C. merumuskan latar belakang masalah penelitian
D. menentukan masalah atau topik penelitian
E. memilih metode penelitian
38. Dalam penarikan sampel setiap unit/anggota populasi diberi nomor,kemudian ditarik secara acak,masing-masing unit dalam sampel mempunyai peluang yang sama untuk dipilih, teknik pengambilan sampel tersebut adalah dengan cara ....
A. sistematik
B. acak sederhana
C. bertingkat
D. kuota
E. sebanding .
39. Salah satu metode statistik yang dipakai dalam analisis data menggunakan analisis korelasi , artinya.....
A. menentukan banyaknya variabel penelitian
B. menentukan sampel yang akan diteliti .
C. merumuskan hipotesis
D. menentukan modus hasil penelitian
E. melihat sejauh mana terdapat hubungan antara dua variabel .
40. Hasil penelitian sosial yang sudah dilakukan dipresentasikan melalui diskusi kelas, adapun manfaat diskusi adalah ....
A. menunjukkan kelebihan kemampuan ilmu yang dimiliki
B. Melatih berfikir kritis, kreatif dan inovatif
C. menunjukkan kemampuan berdebat dalam diskusi
D. mempertahankan pendapat semaksimal mungkin
E. mempertahankan perbedaan argumentasi
Posting Komentar