Pilihlah jawaban yang paling tepat di antara alternatif jawaban yang tersedia!
1. Kelompok siswa akan mengadakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan pada tumbuhan dengan melakukan eksperimen pemberian pupuk kandang terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman pete, maka jika dalam proposal percobaannya terdapat tulisan “Bagaimana pengaruh pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman pete?” , kalimat tersebut merupakan ......
A. Tujuan masalah
B. Rumusan masalah
C. Hipotesis
D. Latar belakang
E. Manfaat penelitian
2. Siswa meneliti “pengaruh variasi pemberian fitohormon terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman”. Konsentrasi yang digunakan untuk hormon pertumbuhan masing-masing perlakuan 2 mg, 3 mg, 4 mg dan 5 mg. Jika anda diminta membuat tabel yang memuat gejala/data pengamatannya, hal apa yang tidak perlu dimasukkan ke dalam tabel yang anda buat ?
A. Pertambahan tinggi tanaman
B. Konsentrasi hormon
C. Hari pengamatan
D. Nama tumbuhan
E. Kecepatan berbunga
3. Petani di musim kemarau akan menanam tanaman jagung dengan membuat lubang dan diberi air kemudian dimasukkan biji jagung, Peran pemberian air pada lubang adalah. . . .
A. memudahkan akar jagung dalam menembus medium tanah untuk pertumbuhan
B. memudahkan tanaman jagung dalam memperoleh nutrisi untuk pertumbuhan
C. memudahkan metabolisme enzim embrio memecah nutrisi untuk pertumbuhan
D. memudahkan pembentukan hormon auksin dari embrio untuk pertumbuhan
E. mencegah gangguan hama penyakit yang berasal dari dalam tanah
4. Tumbuhan yang ditanam beberapa saat kemudian ditemukan gejala pada tumbuhan tersebut antara lain, daunnya mulai menguning, pertumbuhannya lambat, maka solusi yang paling tepat adalah diberi tambahan pupuk yang banyak mengandung ....
A. magnesium dan nitrogen
B. mangan dan nitrogen
C. kalium dan phospat
D. kalsium dan phosfat
E. mangan dan phosfat
5. Perhatikan tabel hasil percobaan ”Pengaruh pemberian nutrisi yang berbeda terhadap pertumbuhan tinggi batang tumbuhan cabai “ berikut ini
Tanggal Pengamatan | Panjang batang | |
POT 1 | POT 2 | |
25/7 2010 | 3 cm | 3 cm |
26/7 2010 | 3,3 cm | 3,6 cm |
27/7 2010 | 3,6 cm | 4 cm |
28/7 2010 | 4 cm | 4,3 cm |
29/7 2010 | 4,4 cm | 4,7 cm |
jumlah | 18.3 cm | 19,6cm |
Rata - rata | 3, 66 cm | 3,92 cm |
Keterangan :
Pot 1 : bibit yang diberi pupuk kandang
Pot 2 : bibit yang diberi pupuk urea
Dari tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa ....
A. tidak ada perbedaan pertumbuhan tinggi tanaman cabai antara tanaman yang diberi pupuk kandang dan diberi pupuk urea
B. terjadi perbedaan tinggi tanaman cabai yang diberi pupuk kandang dan di beri pupuk urea.
C. penambahan pupuk kandang sangat bagus untuk sayuran tapi tidak bagus untuk tanaman cabai
D. penambahan pupuk kandang akan menambah unsur Kalium sedang penambahan urea akan menambah unsur Nitrogen
E. kecepatan pertambahan tinggi tanaman cabai dengan pupuk kandang lebih cepat dari pada pupuk urea
6. Manakah yang merupakan sifat dari enzim?
A. Tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan
B. Tidak mampu mengubah kecepatan reaksi manapun
C. Tidak berpengaruh oleh perubahan tingkat keasaman
D. Tidak berubah oleh suatu reaksi kimia yang dipengaruhinya
E. Tidak terpengaruh dengan keadaan inhibitor dan aktivator
7. Perhatikan tabel hasil percobaan untuk mengetahui pengaruh suhu dan pH terhadap reaksi kimia yang melibatkan enzim katalase!
Kesimpulan yang dapat diambil dari data grafik tersebut adalah .…
A. pada suhu di atas 35o C enzim mengalami denaturasi
B. enzim tersebut hanya aktif pada suhu dan pH yang tinggi
C. hasil reaksi optimum pada suhu di atas 35oC dan pH 6-7
D. pada suhu di atas 37o C dan pH di bawah 8 enzim dapat bekerja efektif
E. enzim bekerja optimum pada rentang pH 6 – 8 dan suhu sekitar 35oC
8. Perhatikan gambar cara kerja enzim dibawah ini!
Berdasarkan produk akhir yang terbentuk, dapat diketahui bahwa enzim dan substrat pada reaksi tersebut adalah …
A. enzim lipase dengan substrat lipid
B. enzim katalase dengan substrat peroksida
C. enzim sukrase dengan substrat sukrosa
D. enzim amilase dengan substrat amilum
E. enzim laktase dengan substrat laktosa
9. Pasangan yang sesuai antara tahap, tempat dan hasil reaksi pada respirasi aerob adalah ...
Tahap | Tempat | Hasil | |
A | Transport elektron | Matriks mitokondria | 30 ATP + 6 NADH + 12 H2O |
B | Glikolisis | Matriks mitokondria | 2 ATP + 2 NADH + CO2 |
C | Dekarboksilasi oksidatif | Sitoplasma | 2 ATP + 2 NADH + 2 CO2 |
D | Siklus Krebs | Matriks mitokondria | 2 ATP + 6 NADH + 2 FADH2 |
E | Glikolisis | Sitoplasma | 2 ATP + 4 NADH + 2 H2O |
10. Proses respirasi meliputi reaksi sebagai berikut
1) Mengubah senyawa C6 menjadi C3
2) Mengubah GTP menjadi ATP
3) 2H+ bereaksi dengan ½ O2 menjadi H2O
4) Mengubah senyawa C3 menjadi CO2
5) Menggunakan enzim sitokrom
Proses yang terjadi pada transpor elektron adalah nomor ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
11. Reaksi kimia respirasi anaerob terdapat pada ....
A. Glukosa diubah menjadi 2 asam piruvat + 2NADH + 2 ATP
B. Glukosa diubah menjadi 2 etanol + 2 NADH + 2ATP
C. Glukosa diubah menjadi 2 etanol + 2CO2 + 2H2O +2ATP
D. Glukosa diubah menjadi 2 etanol + 2CO2 + 2ATP
E. Glukosa diubah menjadi 2 asam laktat + 2ATP
12. Peristiwa berikut terjadi selama berlangsungnya fotosintesis :
1) Penguraian H2O menjadi H+ dan O2
2) Pembentukan ATP dan NADPH
3) Terbentuk senyawa RuDP
4) Fiksasi CO2 oleh RuDP
5) Berlangsung di dalam membran tilakoid
Peristiwa yang terjadi pada reaksi terang adalah …
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 5
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 3, 4, 5
13. Perhatikan gambar siklus Calvin dalam reaksi fotosintesis!
Berdasar gambar tersebut, yang ditunjuk oleh X dan Y secara berturutan adalah....
A. Cahaya dan Glukosa
B. Glukosa dan CO2
C. Cahaya dan ATP
D. CO2 dan Glukosa
E. RuDP dan Glukosa
14. Perhatikan gambar skema proses siklus dalam fotosintesis pada tanaman C4, proses A, B dan C berlangsung dalam ....
A. mesofil daun, sel ikatan berkas pengangkut, jaringan pengangkut
B. sel ikatan berkas pengangkut, jaringan pengangkut, mesofil daun
C. sel ikatan berkas pengangkut, mesofil daun, jaringan pengangkut
D. jaringan pengangkut, mesofil daun, sel ikatan berkas pengangkut
E. jaringan pengangkut, sel ikatan berkas pengangkut, mesofil daun
15. Perhatikan beberapa senyawa antara dalam metabolisme karbohidrat berikut ini!
1) Fosfogliseraldehide
2) Asetil KoA
3) Oksaloasetat
4) Asam piruvat
Senyawa yang dapat digunakan untuk mensintesis lemak adalah ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 1 dan 4
16. Perhatikan gambar kromosom berikut !
| |||
II | |||
III | |||
IV | |||
V |
17. Perhatikan gambar kromosom jantan dan betina pada lalat buah berikut !
Yang merupakan gonosom adalah … .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6
18. Perhatikan gambar sepotong DNA berikut !
Satu nukleotida ditunjukkan oleh nomor... .
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 2, 3, 5
D. 3, 4, 5
E. 3, 5, 6
19. Bila diketahui komposisi basa guanin (G) pada Escherecia coli sebanyak 20%, maka komposisi basa timin (T) adalah sebesar ... .
A. 80%
B. 60%
C. 40%
D. 30%
E. 20%
20. Perhatikan pernyataan – pernyataan tentang DNA dan RNA berikut dengan seksama!
1) dapat menggandakan diri pada saat membelah
2) mengandung informasi genetik
3) kadarnya berubah-ubah berdasarkan laju sintesis protein
4) membentuk rantai tunggal yang pendek
Yang merupakan ciri-ciri DNA adalah... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
21. Perhatikan tabel tentang perbedaan antara DNA dan RNA berikut, pasangan yang benar adalah ... .
No. | Pembeda | RNA | DNA |
A | Fungsi | penentu sintesa protein | pelaksana sintesa protein |
B | Gula | Deoksiribosa | Ribosa |
C | Basa pirimidin | urasil dan sitosin | sitosin dan timin |
D | Kadar | tetap | berubah |
E | Tempat | hanya di nukleus | hanya di sitoplasma |
22. Perhatikan tahapan – tahapan sitesis protein berikut!
1) Penempelan RNA polimerase pada molekul DNA
2) Pergerakan RNA polimerase sehingga dihasilkan rantai RNA
3) Pemisahan rantai RNA dari template
4) Penambahan senyawa kimia sehingga dihasilkan mRNA lengkap
Tahapan selanjutnya (tahap ke-5) dari sitesis protein tersebut adalah ... .
A. pembuatan rangkaian asam amino yang dibawa oleh tRNA
B. mRNA selesai dicetak meninggalkan nukleus menuju ribosom
C. pengenalan kodon AUG oleh subunit ribosom kecil
D. pemasangan subunit ribosom besar
E. pengenalan kodon UAG oleh ribosom
23. Jika urutan basa nitrogen pada DNA yang melakukan transkripsi adalah sebagai berikut: AAC – CAA – ACA – CTA- ATG – CTT
Kodon yang menterjemahkan asam amino, antara lain:
No. | Kodon | Asam amino |
1. | UAC | Tirosin |
2. | GAU | Asam aspartat |
3. | GUU | Valin |
4. | GAA | Glutamin |
5. | UGU | Sistein |
6. | UUG | leusin |
Maka urutan asam amino yang terbentuk pada sintesis protein tersebut adalah ... .
A. leusin – valin – sistein – asam aspartat – tirosin – glutamin
B. leusin ‑ tirosin ‑ valin ‑ sistein ‑ asarn aspartat ‑ glutamin
C. leusin ‑ glutamin ‑ sistein ‑ valin ‑ leusin ‑ tirosin
D. leusin ‑ tirosin ‑ asam aspartat ‑ sistein ‑ valin ‑ glutamin
E. glutamin – valin – sistein – tirosin – asam aspartat – leusin
24. Bagian DNA yang mengalami mutasi disebut ... .
- ekson
- muton
- sistron
- intron
- rekon
25. Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut !
1) terjadi di nukleus
2) terjadi pada fase S siklus sel
3) yang dianggap benar adalah teori “konservatif”
4) DNA anak merupakan kombinasi DNA lama dan baru
5) terjadi sebelum penggandaan kromosom
Pernyataan yang tidak benar tentang replikasi DNA adalah ... .
- 1
- 2
- 3
- 4
- 5
26. Perhatikan gambar salah satu tahap pembelahan sel yang memiliki 4 kromosom berikut!
Berdasarkan susunan kromatid dan jumlah calon sel anak, gambar tersebut menunjukkan fase... .
- profase I meiosis
- metafase II meiosis
- anafase mitosis
- telofase II meiosis
- telofase mitosis
27. Perhatikan ciri-ciri pembelahan sel berikut !
1) sekali pembelahan langsung memasuki interfase
2) terjadi pada kelenjar kelamin
3) sifat sel anak yang dihasilkan bervariasi
4) dihasilkan 2 sel anakan identik dengan induknya
5) kandungan kromosom sel anak separuh dari sel induknya
Ciri yang terdapat pada mitosis adalah … .
- 1, 2 dan 2
- 1, 2 dan 4
- 1, 2 dan 5
- 2, 3 dan 5
- 3, 4 dan 5
28. Pada siklus sel, penggandaan kromosom terjadi pada fase ...
- fase M
- fase S
- fase G1
- fase G2
- interfase
29.
|
Fase di atas yang bersifat diploid adalah … .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5
30.
|
Endosperm merupakan hasil peleburan antara ... .
- inti 1 dan Z
- inti 1 dan Y
- inti 2 dan X
- inti 3 dan X
- inti 3 dan Y
31. Silsilah berikut menunjukkan menurunnya kelainan genetik hemofili.
|
Peluang lahirnya anak laki-laki hemofili pada keluarga tersebut adalah … .
- 0%
- 20%
- 25%
- 50%
- 75%
32. Warna bulu hitam pada kucing dikendalikan oleh gen H yang dominan terhadap gen bulu putih (h). Perkawinan dua ekor kucing menghasilkan keturunan dengan ratio fenotip hitam : putih = 3 : 1 , maka genotip kedua induk masing-masing adalah ... .
- HH dan HH
- HH dan hh
- Hh dan hh
- Hh dan Hh
- hh dan hh
33. Warna biji gandum merah ditentukan oleh M1 dan M2, dari persilangan gandum merah sesamanya didapat keturunan dengan rasio 15 gandum biji merah dan 1 gandum biji putih.
Genotip parental yang disilangkan tersebut adalah… .
- M1m1 M2m2 >< M1m1 m2m2
- M1M1 M2m2 >< m1m1 M2m2
- M1m1 M2M2 >< m1m1 M2m2
- M1M1 M2m2 >< M1m1 m2m2
- M1m1 M2m2 >< M1m1 M2m2
34. Marco berbadan tinggi, kulit normal (TtAa) menikah dengan Indah yang mempunyai fenotip tinggi dan berkulit normal heterozigot, maka kemungkinan keluarga tersebut memperoleh keturunan yang berbadan pendek dan berkulit albino adalah sebesar ... .
- 50%
- 25%
- 12,5%
- 6,25%
- 0%
35. Ayam berpial walnut (RrPp) bila disilangkan dengan ayam sesamanya, maka keturunannya yang berpial ”pea / biji” adalah ... .
- 18,75%
- 25,00%
- 50,00%
- 56,25%
- 100,0%
36. Seorang peneliti menyilangkan galur murni kacang kapri berbiji bulat warna kuning (BBKK) dan biji keriput warna hijau (bbkk). Persilangan dilakukan sampai mendapat keturunan F2 yang menghasilkan biji sejumlah 6400 buah. Secara berurutan, jumlah biji bulat warna hijau dan biji keriput warna hijau adalah ... .
- 400 dan 1200
- 400 dan 2400
- 400 dan 3600
- 1200 dan 400
- 1200 dan 1200
37. Perkawinan antara orang bergolongan darah A heterozigot dengan B heterozigot akan memberi kemungkinan munculnya anak laki-laki yang bergolongan darah A sebesar ...
- 0%
- 12,5%
- 25%
- 50%
- 75%
38. Peluang munculnya anak perempuan berpenglihatan normal homozigot dari perkawinan laki-laki buta warna dengan perempuan normal heterozigot sebesar ... .
- 0%
- 12.5%
- 25%
- 50%
- 75%
39. Laki-laki rhesus positif heterozigot menikah dengan wanita rhesus positif heterozigot, maka peluang munculnya anak perempuan rhesus negatif sebesar ...
- 0%
- 12,5%
- 25%
- 50%
- 75%
40. Individu dengan genotip AaBbCcDdEe, gen Aa dan Bb merupakan gen bebas, sedangkan CcDdEe tersusun secara sis sempurna, maka macam gamet yang dibentuk adalah ... .
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
E. 10
41. Pada Drosophila melanogester normal, tubuh warna kelabu, sayap panjang dominan terhadap warna tubuh hitam, sayap pendek, dalam suatu eksperimen, lalat kelabu – sayap panjang disilangkan dengan lalat hitam – sayap pendek, dan diperoleh keturunan sebagai berikut :
• Tubuh kelabu, sayap panjang 510 ekor
• Tubuh hitam, sayap pendek 490 ekor
• Tubuh hitam, sayap panjang 2050
• Tubuh kelabu, sayap pendek 1950
Maka nilai pindah silang yang terdapat pada hasil persilangan tersebut adalah ... .
A. 17 %
B. 20 %
C. 25 %
D. 27 %
E. 30 %
42.
|
Berdasarkan gambar, mutasi yang terjadi adalah....
- crossing over dan delesi
- delesi dan translokasi
- duplikasi dan katenasi
- delesi dan duplikasi
- katenasi dan delesi
43. Perhatikan beberapa susunan kromosom manusia berikut ini !
1) 47XXY
2) 47XYY
3) 47XXX
4) 47XX+21
5) 47XY+18
6) 47XX+13
7) 46XX-5p
Yang merupakan trisomi pada autosom adalah ... .
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 3,4 dan 5
D. 4,5 dan 6
E. 5,6 dan 7
44.
|
Yang 1 dan 2 pada mutasi pergantian basa nitrogen tersebut adalah ... .
- transisi dan transversi
- transisi dan transisi
- transversi dan transversi
- transverse dan transisi
- transisi dan translokasi
45. Peristiwa mutasi dapat terjadi berupa:
1) bertambahnya lokus/segmen
2) hilangnya basa nitrogen
3) berubahnya urutan basa nitrogen
4) terjadinya peristiwa poliploidi
5) terjadinya penyisipan basa nitrogen
6) terjadinya peristiwa trisomi
7) terjadinya gagal berpisah
Yang merupakan peristiwa mutasi gen adalah ... .
- 1, 3, 5
- 1, 4, 6
- 1, 4, 7
- 2, 3, 5
- 4, 6, 7
SOAL URAIAN:
46. Perhatikan judul percobaan berikut ini
Pengaruh pemberian nutrisi (pupuk kandang dan pupuk urea) yang berbeda terhadap pertumbuhan tinggi batang tumbuhan cabai
a. Tuliskan rumusan masalahnya
b. Tuliskan hipotesis positif
c. Tuliskan variabel terikat dan variabel bebas
47. Jelaskan perbedaan antara aliran elektron siklik dan non siklik pada fotosintesis terutama pada
a. Fotosistem yang terlibat
b. Hasil
48. Buatlah tabel yang dapat menjelaskan perbedaan antara mitosis dan meiosis dalam hal:
a. proses
b. tempat
c. tahapan
d. fungsi
e. hasil
49. Sebutkan langkah-langkah menghindari menyebarnya penyakit yang disebabkan oleh kelainan genetik minimal tiga !
50. Terangkan langkah-langkah untuk mendapatkan benih (biji) semangka tanpa biji !
Posting Komentar